Pasca Pemilu, GP Ansor dan OKP di Mataram Serukan Jaga Keutuhan NKRI

MATARAM, MN–Gerakan Pemuda Ansor Kota Mataram bersama dengan sejumlah OKP Lintas Iman di Kota Mataram serukan untuk tetap menjaga dan memelihara keutuhan, persatuan dan kesatuan NKRI. Seruan ini melihat kondisi dan situasi pasca perhelatan pemilu pada 17 April 2019.

Ketua GP Ansor Kota Mataram, Fadil Adli mengatakan dengan melihat kondisi bangsa saat ini pasca pelaksanaan pemilu 2019, maka kami perlu mengeluarkan dan menyatakan sikap.

Hal tersebut dilakukan untuk mengingatkan agar jangan sampai ada pihak pihak yang ingin mencoba coba merusak keutuhan NKRI.

“Tentu kami menolak segala bentuk aksi aksi yang memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI. NKRI harga mati,” ucapnya dalam acara buka puasa bersama dan talk show dengan tema merajut ukhwah islamiyah, ukhwah wathaniywh dan ukhwah basyariah pasca prmilu 2019, di Mataram, Kamis (30/5/2019) malam.

Menurutnya keutuhan, persatuan dan kesatuan NKRI harus tetap dijaga dan jangan sampai ada pihak pihak yang ingin memecah belah karena bangsa Indonesia berdiri atas perjuangan semua komponen bangsa.

Dalam deklarasi tersebut, ada empat point yang diikrarkan oleh GP Ansor dan OKP serta sejumlah tokoh agama, tokoh lintas iman dan kepala lingkungan di Kota Mataram.

  1. Kami GP Ansor Kota Mataram menolak segala bentuk dan upaya memecah belah NKRI
  2. Menolak referendum di Aceh yang dilakukan oleh Saudara Muzakir Manaf
  3. Mendorong TNI dan Polri untuk selalu konsisten melakukan penegakan hukum dan menjaga stabilitas di NKRI
  4. Berkomitmen mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan atau golongan demi menjaga kesatuan dan bersatuan serta keutuhan NKRI

Sementara itu dalam acara buka puasa bersama dan talk show tersebut dihadiri langsung oleh Rois Syuriah PC NU Kota Mataram yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan, Tgh M.Mustiadi Abhar, Rois Syuriah PW NU NTB, TGH Lalu Sohimun Faesal, Kapolres Mataram, perwakilan Dandim 1606 Lombok Barat, Ketua GP Ansor NTB, Ketua Bawaslu Kota Mataram.

Dalam acara talk show Kapolres Mataram AKBP Saeful Alam dalam testimoninya menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh GP Ansor. “Ini kegiatan yang luar biasa,” ucapnya.

Selain itu Saeful mengatakan bahwa tugas Polri adalah memelihara kamtibmas agar tetap kondusif dengan mengayomi, menjaga dan melindungi.

“Pasca pemilu, kesadaran masyarakat cukup tinggi sehingga kondisi dan situasi sangat kondusif namun tentu perlu juga tetap dijaga, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tidak hanya tugas TNI Polri tapi masyarakat dan tentunya para pemuda,” terangnya.

Sedangkan dalam testimoninya Dandim 1606 Lombok Batat yang diwakili oleh Danramil Ampenan, Kapten Inf Jumhur mengatakan bahwa TNI selalu bersama rakyat.

“Demi keutuhan NKRI kami selalu bersama sama dengan rakyat dan kami akan selalu hadir untuk menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Karena itu Jumhur mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama sama menjaga keutuhan NKRI karena siapa lagi yang akan menjaganya kalau bukan kita semua.

(mn-07)

Bagikan :