Mataram, MATARAMnews – Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) Tingkat Kota Mataram secara resmi dibuka oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh di Aula Lantai 3 Kantor Walikota, senin (12/3). MPBM yang merupakan Program tahunan Pemerintah dalam menyusun Program Kerja  tahun 2013 mendatang diharapkan dapat mengakomodir kepentingan masyarakat yang terlibat langsung dalam setiap aspek pembangunan di Kota Mataram.

Dengan pola MPBM ini menurut Kepala Bappeda Kota Mataram H.L. Anggawa Nuraksi, masyarakat terlibat secara langsung mulai dari tingkat perencanaan hingga tahap evaluasi dan pemantauan.

Pelaksanaan MPBM sendiri telah dimulai dari level terendah yakni di tingkat lingkungan yang kemudian secara berjenjang hingga ke tingkat Kota. Sejumlah agenda pembahasan yang masuk dalam rencana strategis tersebut meliputi agenda masyarakat, agenda kemitraan dan agenda pemerintah. Ketiga rencana tersebut dibahas secara berjenjang yang kemudian dilakukan rapat klinis dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkup Pemerintah Kota Mataram.

MPBM yang dilaksanakan selama 2 hari (12-13 Maret) ini diharapkan dapat menghilangkan distorsi antara masyarakat dan pemerintah sehingga tercipta sinergitas dalam pembangunan baik fisik maupun non fisik.

Selain melibatkan unsur masyarakat, pemerintah juga mengundang mitra non pemerintahan seperti Kadin, Forum Kota Sehat, GOW, TP PKK, Kopegtel,PDAM, PLN,Dekopin serta sejumlah mitra lainnya dengan harapan dapat ikut mendorong pembangunan di Kota Mataram.

Sementara itu, dalam arahannya, Walikota Mataram menyebutkan, dalam merencanakan pembangunan, Pemerintah Kota mengacu pada 3 pilar pembangunan yang telah ditetapkan yakni Peningkatan IPM, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat serta Peningkatan Infrastruktur.

Dalam kurun kepemimpinannya, sejumlah program yang pro rakyat telah mulai diluncurkan seperti Puskesmas Gratis, Pemberian Paket Beras bagi Lansia, Santunan Kematian, Pemberian Beasiswa Miskin, BOSDA, yang dananya dihimpun melalui BAZDA Kota Mataram.

Sementara di sektor fisik, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kemantapan jalan dan revitalisasi rumah kumuh dan relokasi rumah nelayan. Kesemuanya dapat terwujud berkat kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta yang tergambar dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang pada tahun 2012 ini ditargetkan sebesar 65 milyar rupiah lebih.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !