Dispenad Gelar Workshop Menulis Penerangan TNI AD Tersebar 2019

Denpasar, MN – Dinas Penerangan TNI AD (Dispenad) menggelar Workshop Menulis Penerangan Tersebar TNI AD tahun 2019.

Workshop yang mengambil tempat diruang Wartawan Pendam IX/Udayana dibuka oleh Kasubdisfung Dispenad Kolonel Arm Erland dengan pemateri anggota tim dari Dinas Penerangan TNI AD.

Dalam acara yang berlangsung pada Kamis (27/6/2019) tersebut turut menjadi peserta diantaranya Kepala Penerangan Korem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos., bersama Paur Prod Penrem Lettu Chb Ismail, SH.

Pada kesempatan tersebut, Kapendam IX/Udayana dalam sambutan singkatnya yang dibacakan Waka Pendam Letkol Inf Leo Handoko menyampaikan bahwa kehadiran Kasubdisbinfung beserta rombongan di Pendam IX/Udayana merupakan suatu kebanggaan, yang mana Kasubdisbinfung beserta rombongan berkenan menggelar kegiatan Work Shop Menulis Penerangan TNI AD kepada para Perwira jajaran Kodam IX/Udayana selaku pengemban fungsi penerangan.

Untuk itu, lanjutnya, kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, berikan saran dan masukan positif yang bersifat membangun, adakan komunikasi timbal balik serta tanyakan apabila ada hal-hal yang belum jelas dan dimengerti kepada pemberi materi sehingga pelaksanaan kegiatan Work Shop Menulis Penerangan TNI AD Tersebar TA 2019 berjalan optimal sesuai tujuan dan sasaran.

Sementara, Kepala Dispenad dalam sambutannya yang dibacakan Kasubdisfung menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan secara tersebar diseluruh jajaran TNI AD dan terpusat sudah sudah dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 25 April lalu.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kebudayaan menulis serta mendorong lahirnya kemampuan untuk menuangkan gagasan dalam benutk tulisan di lingkungan satuan TNI AD.

“Sebagai insan penerangan TNI AD, harus menyadari tuntutan transparansi informasi publik telah menjadi sebuah keniscayaan, maka institusi TNI AD dalam hal ini harus membuka diri sehingga mudah diakses oleh masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Kadispenad, melalui kegiatan ini, seluruh peserta akan diberikan pembekalan tentang pengayaan ilmu pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam membuat tulisan pimpinan, baik yang akan dimuat di media maupun dibacakan langsung oleh pimpinan.

“Jadikan kegiatan ini untuk membangun komunikasi dalam komunitas jurnalis TNI AD sehingga kedepan dapat saling berbagi dan berkontribusi positif untuk kepentinga TNI AD,” pungkasnya.

Usia memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh peran media dan perang informasi, penulisan artikel, berita dan feature, penulisan amanat dan publik speaking dan pembulatan.

Sesuai rencana, acara workshop akan dilaksanakan selama dua hari diikuti anggota Pendam, perwakilan anggota Penerangan Korem jajaran Kodam IX/Udayana dan perwakilan masing-masing Kodim se Korem 163/WSA.

(mn07)