Lombok Utara, MN – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Kabupaten Lombok Utara (KLU) tahun 2019 yang digelar pada 21 Juli mendatang tidak sekadar momentum tahunan memperingati hari bersejarah terbentuknya daerah bersesanti ‘Tioq Tata Tunaq’ tetapi bermakna momentum membangun kembali berbagai aspek pembangunan daerah setelah dikoyak gempa bumi tahun 2018 silam.

Penyelenggaraan HUT KLU tahun 2019 bertema “Menuju Lombok Utara Unggul” dengan sub tema Bangkit Bangun Kembali dan Lombok Utara Membangun.

Bangkit bangun kembali dari musibah bencana gempa bumi direalisasikan secara sungguh-sungguh dengan niat tulus dan tekad bulat oleh segenap lapisan masyarakakat. Lombok Utara berikhtiar membangun berbagai sendi kehidupan secara perlahan setahap demi setahap dengan optimisme dan spirit kebangkitan untuk membangun dengan menata kelola kembali segenap aspek pembangunan daerah. Pasalnya, kita memiliki sumber daya yang cukup menormalisasi keadaan seperti sedia kala.

Senyatanya, manifestasi Lombok Utara Membangun, dilandasi dengan komitmen dan keyakinan teguh disertai ikhtiar dan do’a. Segenap elemen masyarakat sumringah untuk menggapai ekspektasi kemajuan masyarakat lintas generasi pada masa mendatang. Oleh karena itulah, peringatan hari ulang tahun 2019 ini menjadi momentum bagi segenap lapisan masyarakat dan berupaya semaksimal mungkin, bertungkus lumus dan berlintang pukang dalam ikhtiar kolektif memperjuangkan masa depan unggul yang lebih baik dan lebih berkah dengan menoreh hari esok gemilang.

Untuk dapat menggapai Lombok Utara Unggul pada masa mendatang, setidaknya ada empat poin penting yang niscaya diusung secara kolektif-kolegial di Kabupaten Lombok Utara. Pertama, mengenai rehabilitasi dan rekonstruksi penangan infrastruktur daerah pascagempa. Kedua, layanan sosial publik di Kabupaten Lombok Utara. Ketiga, daya saing daerah ke depan. Keempat, mengenai pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Adapun progres pembangunan infrastruktur tahan gempa perlu didukung dengan menjadikan Kabupaten Lombok Utara menjadi daerah yang nyaman untuk berinvestasi. Pemerintah daerah menjamin para investor nyaman berinvestasi dalam mendukung proses pembangunan di Kabupaten Lombok Utara.

Sementara dalam upaya peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Lombok Utara, di antara upaya yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan kompetensi SDM yang memadai sebagai salah satu prasyarat utama mewujudkan percepatan rekonstruksi dan rehabilitasi daerah. Memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mencetak SDM yang profesional di bidangnya sehingga mampu memberi kontribusi positif pada peningkatan produktivitas kinerja untuk menciptakan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing. Di samping itu, SDM yang profesional di bidangnya. Mampu meningkatkan taraf hidup dan pemerataan kesempatan berkarya dengan distribusi SDM secara proprorsional pada berbagai bidang pembangunan.

Untuk memeriahkan dan menyemarakkan perayaan HUT ke-11 Kabupaten Lombok Utara tahun 2019 diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan, yaitu

  1. Pemilihan Putri Cilinaya 2019
  2. Lomba Qasidah (Lasqi)
  3. Lomba Gendang Beleq
  4. Lomba bidang Olahraga, meliputi:
    a. Lomba Basket;
    b. Lomba Volly;
    c. Lomba Sepak Bola Mini;
    d. Lomba Teknis Meja;
    e. Lomba Badminton;
    f. Senam Indah dan Makan Buah Segar
    g. Gerak Jalan Indah (PBB), dengan kategori:
    1) SD/MI (Putra/Putri)
    2) SMP/Mts (Putra/Putri)
    3) SMA/SMK/MA (Putra/Putri)
    4) SKPD (Putra/Putri)
    5) Umum (Putra/Putri)

Sebelum hari puncak peringatan HUT ke-11 KLU tahun 2019, didahului dengan kegiatan Kirab Pataka dari Kecamatan Bayan sampai Kecamatan Tanjung, upacara serah terima Pataka dari Bupati Ke Pol PP dan Damkar KLU yang dilaksanakan pada Senin, 15 Juli 2019. Puncak peringatan dilangsungkan dengan pelaksanaan Upacara HUT KLU Minggu, 21 Juli 2019 serta semua peserta upacara berpakaian Adat.

Marilah jadikan momentum HUT ke-11 KLU 2019 ini untuk bangkit membangun kembali, membangun sinergi untuk mengakselerasi rehab-rekon dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Lombok Utara yang unggul pada masa mendatang.

(hsklu/mn07)