Semarak Pawai Ogoh-Ogoh di Cakranegara Kota Mataram

H. Mohan Roliskana: “Dengan Pawai Ogoh-Ogoh Kebersamaan Tetap Bisa Terpelihara”


Mataram, MATARAMnews – Ribuan warga kota Mataram tumpah ruah disepanjang jalan Pejanggik, Cakranegara, guna menyaksikan pawai ogoh-ogoh yang dilaksanakan Dewan Ogoh-Ogoh Mataram (DOM). Tema yang diusung  yaitu, “Bersatu dalam persamaan, toleransi dalam perbedaan”.

Tidak kurang  dari 125 peserta, meriahkan pawai ogoh-ogoh dalam rangka menyambut hari raya Nyepi tahun baru Saka 1933-19934, pada Kamis (22/3/2012) siang.

Pawai ogoh-ogoh yang dilaksanakan setiap tahun ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana dihadiri oleh Kapolres Mataram, AKBP Kurnianto Purwoko dan dihadiri pula oleh tamu undangan lainnya seperti Ketua Bhakti Mulia, S. Wijanarko dan anggota DPR RI Bq Diah Ratu Ganefi.

Ogoh-ogoh yang melambangkan “Buta Kala” ini tidak hanya berasal dari wilayah Kota Mataram saja melainkan juga dari wilayah Lombok Barat, dengan diusung bersama-sama muda-mudi dengan diiringi dentuman suara gending dan gemelan berbagai model dan ragam, namun tidak meninggalkan identitasnya sebagai Buta Kala (Kejahatan).

Kali ini, pawai ogoh-ogoh berbeda dengan tahun lalu, karena pada pelaksanaan tahun ini dipusatkan di depan kantor Lurah Cakra Barat. Dalam sambutannya, ketua DOM Kota Mataram, I Nyoman Artha Kusuma mengatakan bahwa parade budaya ogoh-ogoh ini didukung oleh berbagai kesenian di Kota Mataram, ini merupakan tali simakrama, baik di internal umat Hindu, maupun dengan segenap warga Kota Mataram yang terdiri dari lintas etnis dan lintas agama, namun tetap bersatu dalam persamaan, toleransi dalam perbedaan.

Menurutnya, hingga tujuh tahun pelaksanaan pawai ogoh-ogoh terbesar di NTB telah memiliki 108 koordinator dan 7 koordinator dari Lombok Barat.

Sedangkan dalam sambutannya, Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana mengatakan, dengan pawai ogoh-ogoh ini kebersamaan tetap bisa terpelihara, seperti apa yang telah dilakukan oleh leluhur dahulu.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !