Lombok Utara Mulai Terapkan Perizinan Sistem Elektronik OSS

Lombok Utara, MN – Kabupaten Lombok Utara (KLU) mulai menerapkan perizinan yang terintegrasi melalui sistem elektronik atau OSS (Online Single Submission) untuk mempermudah pelayanan perizinan.

“Kami akan mempermudah pengurusan izin di wilayah Kabupaten Lombok Utara, baik untuk pengusaha lokal maupun para investor luar,” kata Kepala DTKPMPTSP Lombok Utara, Agus Tisno Ssos, saat melakukan sosialisasi perizinan sistem elektronik OSS di Hotel Mina Tanjung, Kamis kemarin.

Untuk itu, kata Agus Tisno, DTKPMPTSP KLU juga akan berkoordinasi dengan OPD (organisasi perangkat daerah)terkait untuk menempatkan satu orang tenaga teknis di kantor DTKPMPTSP sehingga palayanan bisa terpusat.

“Nanti kami dari kantor DTKPMPTSP akan menyiapkan tempat dan fasilitas sehingga mereka berkantor di tempat kami,” ungkapnya.

Dengan adanya perwakilan dari masing-masing OPD, menurut Agus Tisno, proses perizinan akan berlangsung cepat dan masyarakat tidak lagi harus bolak-balik hanya untuk mengurus perizinan yang disebabkan karena tempat yang berbeda seperti pada pelayanan yang telah dilakukan sebelumnya.

Sistem elektronik atau OSS (Online Single Submission) ini diterapkan Pemda KLU berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

(hsklu/mn03)