Terminal Gili Mas Pintu Masuk Ribuan Turis ke NTB, Fasilitas Harus Lengkap dan Bersih

Lombok Barat, MN – Wakil Gubernur (Wagub) NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah meninjau secara langsung proyeksi pembangunan Terminal Gili Mas Pelabuhan Lembar yang sedang dikerjakan oleh Pelindo III.

Dalam peninjauan yang dilakukan pada Selasa (23/7/2019) tersebut, selain melihat master plane dari proyek Terminal Gili Mas, Wakil Gubernur juga turun melihat proses pengerjaan pelabuhan tersebut.

Wagub yang akrab disapa Ummi Rohmi tersebut mengatakan bahwa Gili Mas ini adalah pintu masuk ribuan turis yang akan berkunjung Lombok NTB.

Oleh karena itu pelabuhan harus ditunjang dengan fasilitas pendukung mulai dari rest area, pasilitas kesehatan, pusat oleh-oleh dan lainnya.

Tidak itu saja, Wagub juga menekankan agar di terminal Gili Mas harus mengedepankan kebersihan agar pengunjung yang datang ke Lombok melalui terminal ini merasakan kenyamanan begitu turun dari kapal.

” Gili Mas ini harus bersih dari sampah apapun, untuk itu disini harus ada bank sampah untuk mengelola sampah-sampah yang ada disini,” ucapnya.

Disela-sela peninjauannya, Ummi Rohmi juga menyarankan kepada pihak Gili Mas untuk membuat penyulingan air laut agar tidak hanya mengandalkan air dari darat.

“Pihak Gili Mas juga harus memikirkan air disini, kedepannya Gili Mas harus punya mesin untuk mengubah air laut menjadi air tawar untuk kebutuhannya, jadi tidak mengandalkan air dari darat lagi,” paparnya.

Sementara itu, Manager of Project Control Gilimas, Andy Yudha W. mengatakan bahwa progres pembangunan Gili Mas ini sudah mencapai 92% dan ditargetkan awal november akan dilaksanakan uji coba pengoperasian terminal ini.

“Reklamasi untuk terminal ini sudah selesai, tinggal bebrapa bangunan dan penghijauan yang akan kami kerjakan, awal november kami berencana untuk soft launching dan launching resminya itu januari 2020,” papar Andy.

Harapannya kedepan terminal ini dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap pengunjung yang akan menikmati keindahan NTB.

(hsntb/mn08)