- advertisement -

Mataram, MN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram tetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Kota Mataram hasil pemilihan umum (pemilu) 2019.

Rapat pleno terbuka dilaksanakan oleh pihak KPU Kota Mataram, dihadiri oleh ketua KPU NTB, Ketua Bawaslu dan saksi partai politik dengan mengambil tempat di Hotel Lombok Raya Mataram, Kamis (25/7/2019) pagi.

Ketua KPU Kota Mataram, Husni Abidin mengatakan bahwa pleno penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih ditingkat Kota Mataram dilakukan setelah tidak adanya sengketa hasil pemilu.

“Dengan tidak ada PHPU dan MK sudah mengirim surat ke KPU RI dan KPU RI ke KPU Kab Kota, maka kita bisa laksanakan penetapan hari ini,” ucapnya ketika membuka rapat pleno.

Menurutnya, setelah penetapan nanti pelantikan ke 40 calon terpilih anggota DPRD Kota Mataram direncanakan pada awal bulan Agustus 2019 ini.

“Pelantikan sesuai 2014 lalu dilakukan pada 6 Agustus dan sekarang juga direncanakan 6 Agustus, kecuali tanggal 6 masuk dalam hari libur maka ditunda satu hari,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Husni juga mengingatkan kepada calon terpilih yang baru ditetapkan agar segera membuat LHKPN karena jika tidak mengisinya akan ada konsekwensi.

“Ini awal bagi caleg yang terpilih nanti pasca ini mulai tanggal 25 hingga tujuh hari kedepan penyerahan LHKPN dan jika tidak menyerahkan LHKPN maka bisa digugurkan,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris DPRD Kota Mataram, Lalu Aria Darma mengatakan bahwa pihak dewan sudah siap jika nanti pelantikan digelar pada 6 Agustus 2019.

“Kita sudah persiapkan jika pelantikan digelar 6 Agustus, bertempat di kantor DPRD Kota Mataram,” ucapnya. Dimana saat ini persiapan telah dilakukan mulai dengan pembuatan PIN dan pengukuran full dress.

Berdasarkan penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon anggota terpilih, kursi terbanyak diperoleh partai Golkar sebanyak 9 kursi kemudian disusul oleh partai Gerindra sebanyak 6 kursi, lalu PDIP dan PKS masing-masing 5 kursi, disusul oleh partai Demokrat sebanyak 4 kursi, serta PAN dan PPP sama-sama 3 kursi, kemudian Partai Hanura, PKPI, Partai Berkarya, Partai Nasdem dan PKP masing-masing memperoleh 1 kursi.

(mn07)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !