Lombok Audax 2012 melintas di Lombok Utara

KLU, MATARAMnews – Menteri Pemuda dan Olah Raga didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melepas secara resmi peserta Lombok Audax 2012, berlangsung di depan Hotel Holiday Resort Senggigi, Sabtu (31/03/2012). Peserta Lombok Audax (Sepeda Keliling Lombok) tersebut diikuti 343 orang peserta dari 12 Negara dan 33 provinsi se Indonesia. Dari Senggigi peserta Audax di lepas menuju Lombok Utara.

Untuk mensukseskan pelaksanaan Lombok Audax 2012 yang merupakan program Nasional itu, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bekerja sama dengan Panitia pelaksana Lombok Audax 2012 dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Pulau Lombok, telah sepakat untuk menyelenggarakan event yang bertaraf Internasional yaitu Sepeda Keliling Lombok yang di kenal dengan sebutan Lombok Audax 2012.

Disamping itu, menjelang pelaksanaan kegiatan yang banyak menyedot perhatian masyarakat KLU tersebut, Pemerintah Daerah KLU menghimbau dan mengajak seluruh warganya untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Lombok Audax, dengan berbagai peran.

Himbauan dan ajakan Pemda KLU untuk para pemilik ternak yang ada di wilayahnya agar tidak melepas sembarangan di sepanjang jalan yang dilalui para peserta. Selain itu, himbauan yang sama juga di sampaikan kepada para pemilik hotel/restoran/kios/warung yang ada di jalur yang akan dilalui oleh para peserta Lombok Audax 2012 agar memasang umbul-umbul dan sepanduk.

Menurut Arif, dari Krida Toyota, salah satu Sponsor dari puluhan seponsor yang mendukung suksesnya pelaksanaan Lombok Audax 2012 ini mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang Nasional, yang salah satu tujuannya adalah ingin menaikkan rating pariwisata NTB di tingkat Nasional, disamping itu untuk menyukseskan Visit Lombok Sumbawa 2012.

Dikatakan Arif, jumlah peserta Lombok Audax 2012 atau Sepeda Keliling Lombok ini berjumlah 343 orang peserta dari 12 Negara dan ditambah para pembalap dari seluruh Provinsi se Indonesia.

“Starnya di mulai pada pukul 06,00 wita di depan Hotel Holiday Resort Senggigi oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, menuju KLU hingga ke Kali Putih (Kokok Putek) lalu kembali lagi serta finish di di depan Hotel Holiday Resort Senggigi,” kata Arif.

Ditambahkan Arif, sebenarnya sesuai rencana bahwa peserta Lombok Audax 2012 ini akan mengelilingi Lombok, mulai Star di Senggigi menuju KLU terus ke Lombok Timur melalui Kokok Putek. Dari Lombok Timur terus menyusuri jalan raya menuju Mataram hingga akhirnya finish di Senggigi. Tetapi rencana itu batal dilaksanakan, karena Jembatan yang ada di Belanting Kecamatan Sambelia Lombok Timur terputus akibat banjir bandang beberapa waktu lalu.

Sementara salah seorang peserta asal Surabaya Alim (30), yang sedang istirahat karena kakinya keram di pertigaan Lokok Rangan, ketika wartawan media ini menghampirinya mengatakan, “capai juga,” katanya. Maklum dari sejak star di Senggigi baru kali ini ia berhenti. Andaikan tidak keram kakinya, mungkin dirinya tidak akan berhenti.

Kepada media ini, Alim mengatakan bahwa jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini lebih dari 300 orang peserta berasal dari 12 negara, termasuk Indonesia. Jumlah peserta yang sudah mendahuluinya, menurutnya ada sekitar 40-an orang, sementara di belakangnya masih ratusan orang peserta.

Seluruh peserta Lombok Audax 2012 disambut meriah warga Kayangan, sambil beristirahat sejenak di Pantai Ketapang Tampes Desa Selengen Kecamatan Kayangan KLU, guna memulihkan stamina. Disamping itu untuk mengganti suku cadang sepeda para peserta. Setelah istirahat beberapa saat, kemudian panitia kembali memberangkatkan mereka menuju Kokok Putek dan kembali lagi menyusuri jalan raya kawasan utara KLU hingga akhirnya finish di depan Hotel Holiday Resort Senggigi.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !