Wabup Pathul: Kunjungan Peserta APGN di Kawasan Wisata Loteng Bawa ‘Angin Segar’

Lombok Tengah, MN – Para delegasi negera peserta The 6th Asia Pacific Geoparks Network Symposium (APGN) 2019 berkunjung di kawasan wisata Benang Stokel, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kedatangan rombongan peserta APGN disambut hangat Damrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdani bersama Wakil Bupati (Wabup) Lombok Tengah, HL Pathul Bahri. Wabup berharap agenda APGN 2019 di Lombok membawa angin segar untuk peningkatan pariwisata Lombok Tengah.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan APGN 2019 yang telah tiba di Gumi Sholah Sheleh Sholoh (Lombok Tengah,red), tepatnya di Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara,” ucap Wabup Pathul, dalam sambutannya, Rabu (4/9/2019).

Wabup membeberkan keunggulan yang dimiliki Lombok Tengah, termasuk saat ini yang menjadi pusat perhatian pemerintah pusat, khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kuta.

“Ada 4 ekonomi khusus di Indonesia, diantaranya adalah kabupaten Loteng yaitu KEK Mandalika,” ungkap Wabup Pathul dihadapan para delegasi negara peserta APGN 2019.

Lombok Tengah juga disebutkan Wabup, tidak saja memiliki wisata maritim namun wisata alam juga yaitu, air terjun yang menjadi alam panorama yang sangat eksotik bernama air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu.

“Perlu saya sampaikan, kawasan ekonomi khusus Mandalika dengan luas kurang lebih 1.200 hektare dan juga saat ini proses pembangunan jalan 17 kilometer dari bandara LIA menuju sirkuit dengan menelan dana Rp 1,3 Triliun di luar rute dan sirkuit dengan panjang rute 4.6 kilometer menelan biaya Rp 14,5 Triliun,” terangnya.

Nantinya, lanjut Wabup, pembangunan sirkuit MotoGP dikerjakan perusahan dari Perancis Mrs Dorna dan dalam satu tahun akan melaksanakan event bisa 4 kali.

Wabup juga menjelaskan status Pelabuhan Awang sekarang menjadi pelabuhan wisata bahari. “Semoga kehadiran bapak ibu yang hadir di kabupaten Loteng ada manfaatnya dan tentunya dalam kunjungan ini bukan akhir dan menjadi permulaan kunjungan berikutnya ke Lombok,” tandas Wabup Pathul. (mn-08)

Bagikan :