DPRD Loteng Mengesahkan Tata Tertib Dewan dan Membentuk 9 Fraksi

Ketua Sementara DPRD Lombok Tengah M. Tauhid SIP didampingi Wakil Ketua Lalu Kelan, memimpin sidang paripurna dengan agenda pengumuman susunan keanggotaan fraksi-fraksi dan pembentukan tim perumus rancangan peraturan tata tertib DPRD Loteng periode 2019 2024, yang digelar di ruang sidang utama DPRD Loteng, Jumat (6/9/2019).

Lombok Tengah, MN – Dewan Perwakilan Rakyat Lombok Tengah (DPRD Loteng) telah mengesahkan tata tertib dewan dan sembilan fraksi DPRD Loteng periode 2019-2024 terbentuk.

“Sidang paripurna berjalan lancar, karena tinggal mengesahkan saja,” kata Ketua Sementara DPRD Loteng, M. Taugid SIP kepada wartawan usai memimpin sidang dengan agenda pengumuman susunan keanggotaan fraksi-fraksi dan pembentukan tim perumus rancangan peraturan tata tertib DPRD Loteng periode 2019 2024, yang digelar di ruang sidang utama DPRD Loteng, Jumat (6/9/2019).

Dijelaskan Tahuid, asa 9 fraksi DPRD Lombok Tengah terbentuk, yakni fraksi Gerindra, Golkar, PKB, PPP, Demokrat, PKS, PBB, dan 2 fraksi gabungan yaitu Nasdem Perjuangan dan fraksi Amanat Nurani Berkarya. Dua fraksi gabungan terbentuk dikarenakan jumlah kursi dari partai politik kurang.

Lebih lanjut Tauhid menjelaskan, setelah tata tertib dewan terbentuk, baru pihaknya akan melakukan pelantikan pimpinan DPRD definitif.

“Prosesnya juga panjang mulai dari bersurat kepada DPP partai untuk siapa yang akan ditetapkan menjadi unsur pimpinan DPRD Lombok Tengah baru diusulkan kepada Gubernur NTB melalui Bupati Lombok Tengah untuk SK pelantikannyan,” terangnya

Saat ditanya partai yang sudah menyerahkan SK, Tauhid mengatakan sudah ada Gerindra, PKB, dan PPP. “Kecuali Golkar yang masih belum dan kita tunggu mudahan secepatnya,” kata Tauhid.

Ketua Tim Perumus Rancangan Tata Tertib DPRD Lombok Tengah, Suhaimi mengatakan, tim perumus berjumlah 27 orang yang diutus dari masing-masing fraksi. Nantinya tim perumus akan berkerja selama dua minggu, mulai tanggal 7-19 September 2019.

“Ada beberapa aturan teknis akan berubah, karena banyak anggota DPRD Lombok Tengah baru yang mana cara dan idenya berbeda beda,” ungkap Suhaimi.

Sidang tersebut berlangsung lancar, dipimpin langsung Ketua DPRD Lombok Tengah Sementara M. Tauhid SIP dan didampingi Wakil Ketua Lalu Kelan, serta dihadiri seluruh anggota DPRD Loteng. (mn-08)

Bagikan :

Komentar