Membangun NTB Gemilang, Ini 6 Misi RPJMD Pemerintahan Zul-Rohmi

Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi)

Mataram, MN – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang memuat beberapa hal mulai dari arah kebijakan keuangan daerah, strategi dan arah kebijakan pembangunan daerah, kebijakan umum dan program pembangunan daerah pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), disertai dengan rencana kerja dalam kerangka regulasi dan pendanaan yang bersifat indikatif.

Terkait hal tersebut untuk membangun NTB yang Gemilang, Pemerintahan Provinsi NTB dibawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi), menjabarkannya ke dalam enam misi pembangunan dan telah dituangkan kedalam dokumen perencanaan RPJMD Provinsi NTB 2019-2023.

Perlu diketahui bahwa NTB GEMILANG merupakan visi pembangunan di NTB sekaligus komitmen dan ikhtiar untuk mewujudkan NTB yang tertata rapi sebagai tempat hunian menyenangkan, dengan masyarakat yang berdaya saing, tangguh, dan berbudi luhur serta pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik.

Berikut misi visi RPJMD provinsi NTB, membangun NTB GEMILANG :

Misi pertama, NTB TANGGUH DAN MANTAP, melalui penguatan mitigasi bencana dan pengembangan infrastruktur serta konektivitas wilayah. Karena itu, NTB sebagai Provinsi yang dilingkari ring of fire, memungkinkan berbagai macam bentuk bencana bisa terjadi kapan saja menyapa maka harus punya daya tahan dan tahu apa yang harus dilakukan ketika bencana datang.

Sedangkan NTB mantap, itu adalah ekspresi besar dari duet Zul-Rohmi untuk menginginkan infrastruktur NTB yang bagus dan baik di pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Misi kedua, NTB BERSIH DAN MELAYANI, melalui transformasi birokrasi yang berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dari KKN dan berdedikasi.

Misis ketiga, NTB SEHAT DAN CERDAS, melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pondasi daya saing daerah.

Terkait dengan cerdas tersebut, pemerintah provinsi komit terkait dengan pendidikan karena untuk mendapatkan pendidikan adalah hak bagi siapa saja, semua strata sosial berhak untuk mendapatkan pendidikan dasar, begitu juga menengah dan termasuk untuk memperoleh pendidikan tinggi.

Misi keempat, NTB ASRI DAN LESTARI, melalui pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan.

Untuk mewujudkan NTB lestari, baik pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kelestarian Hutan. Dengan demikian lingkungan dan alam lestari yang didambakan akan terwujud, tetunya akan terhindar dari berbagai macam bencana.

Misi kelima, NTB SEJAHTERA DAN MANDIRI, melalui penanggulangan kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan pertumbuhan ekonomi inklusif bertumpu pada pertanian, pariwisata dan industrialisasi.

Untuk mewujudkan NTB sejahtera yang menjadi prioritas pemerintah,maka kemakmuran, kesejahteraan, daya beli harus diprioritaskan. Karena kesejahteraan punya korelasi positif dengan akrab dan ramahnya daerah pada investor.

Misi keenam, NTB AMAN DAN BERKAH, melalui perwujudan masyarakat madani yang beriman, berkarakter dan penegakan hukum yang berkeadilan.

(hs-ntb/mn-07)