Lombok Barat, MN – Tanggal 21 September diperingati sebagai World Clean Up Day (WCD). Gerakan aksi sosial global tersebut bertujuan memerangi masalah limbah padat global termasuk pula puing-puing di lautan. Pagi ini, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah membuka kegiatan International Coastal Clean Up Day 2019 bertempat di pesisir pantai Wyndham Sundancer Resort, Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan yang berfokus pada kebersihan daerah pesisir pantai ini dihadiri pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, Madani Mukarom serta diikuti oleh ormas, pelajar, dan juga masyarakat sekitar.

Gubernur menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan bersih-bersih terbesar di dunia itu. Ia mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur dan merawat keindahan wisata yang dimiliki NTB. Menurutnya, NTB dikaruniai banyak kelebihan, baik dari pantai, pegunungan dan wisata lainnya, oleh karena itu kebersihan tempat wisata tersebut haruslah terus dijaga.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan hari ini, orang-orang kemudian akan sangat senang untuk mengunjungi tempat yang kita cintai ini,” tutur Bang Zul, sapaan akrabnya.

Bang Zul kembali mengenang ketika NTB ditimpa bencana gempa bumi beberapa waktu yang lalu. Ia menilai, NTB saat ini sudah jauh lebih baik dari satu tahun semenjak gempa terjadi. Bang Zul memotivasi masyarakat untuk terus memperbaiki diri dan bekerja sama untuk membangun NTB yang semakin baik kedepannya.

“Kita sudah buktikan pada dunia bahwa Nusa Tenggara Barat sudah bangkit, Insyaallah sudah pulih kembali, dan sudah siap menerima tamu di tempat kita yang indah dan nyaman ini,” lanjutnya.

Dalam akhir sambutannya, Gubernur berharap direct flight penerbangan agar dapat lebih diperbanyak. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah wisatawan lebih dari 400 persen semenjak beroperasinya first direct flight Perth Australia ke Lombok pada bulan Juni yang lalu.

“Saya yakin, Insyaallah pariwisata Lombok akan maju sekali di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager Wyndham Sundancer Resort Lombok, Ardi Wilson mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur yang telah hadir dalam kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat, khususnya dalam sektor wisata pantai.

“Acara di Sekotong ini, kami liput di 20.000 hotel Wyndham yang tersebar di seluruh dunia,” ungkapnya.

Pembukaan International Coastal Clean Up Day 2019 kemudian diakhiri dengan pelepasan tukik (anak penyu). Gubernur bersama masyarakat dan juga turis melepas tukik tersebut ke lautan lepas. (hs-ntb/mn-07)