Kota Mataram Mengadakan Lomba Masakan Serba Ikan

MataramNews – Peningkatan jumlah peserta dalam Lomba Masakan Serba Ikan dari 28 peserta pada tahun lalu, untuk tahun ini meningkat menjadi 32 peserta. Ini menjadi acuan meningkatnya animo masyarakat, khususnya di Kota Mataram akan masakan yang berbahan baku ikan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana dalam pembukaan Lomba Masakan Serba Ikan yang dilaksanakan atas kerja sama Tim Penggerak PKK Kota Mataram dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kelautan Kota Mataram pada Rabu (28/9/2011).

H. Mohan menyampaikan, bahwa kosumsi ikan Kota Mataram pada tahun 2010 lalu tercatat 19 kg/kapita per-tahun menjadikan tantangan kita bersama untuk lebih meningkatkan kreativitas dalam pengolahan dan pemasyarakatan ikan dan makanan-makanan dengan bahan baku ikan agar lebih digemari di masyarakat.

{xtypo_info} FOTO: H. Mohan Roliskana, Wawali Kota Mataram {/xtypo_info}

 

Wakil Walikota juga menyerahkan secara simbolis makanan dengan bahan baku ikan kepada 2 orang perwakilan siswa dari SMPN 23 Mataram. Menurut H. Mohan, bahwa ikan merupakan sumber protein yang sangat bagus untuk perkembangan otak generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa di masa datang.

Dalam laporannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh menyampaikan, tujuan digelarnya acara ini, selain untuk meningkatkan konsumsi makanan dengan bahan baku ikan, juga sebagai ajang memperkenalkan keanekaragaman masakan ikan khususnya bagi masyarakat Kota Mataram dan membuka peluang pangsa pasar bagi para pengrajin bahan makanan olahan dari bahan dasar ikan yang tentunya juga akan berimbas kepada para nelayan yang menggantungkan hidup dari profesi nelayan.

Dengan mengedepankan kriteria masakan ikan untuk keluarga, lanjutnya, masakan ikan untuk Balita dan masakan ikan untuk konsumen, diharapkan bahwa nilai gizi juga menjadi hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam pengolahan masakan ikan yang disajikan dalam Lomba ini. Ditambah lagi dengan tim juri yang menilai merupakan orang-orang yang memang kompeten di bidangnya masing-masing, seperti ahli gizi dan ahli masakan. (Rilis Humas Pemkot Mataram: Pun)

Bagikan :