Sukri Aruman, Wakil Ketua KPID

Mataram, MATARAMnews – Untuk kali kedua, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat akan menggelar  ajang bergengsi bagi insan penyiaran di Bumi Gora yakni Anugerah KPID NTB AWARDS 2012. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, anugerah kali ini memperebutkan 13 Juara untuk 10 kategori.

Lima kategori yang dilombakan yakni program berita radio dan TV, program hiburan radio dan TV, program dialog interaktif radio dan TV, pemandu dialog interaktif radio dan TV serta presenter berita TV dan pemandu acara hiburan radio.

KPID NTB juga  memberikan penghargaan khusus untuk TV Jakarta yang memberi kontribusi bagi pembangunan NTB, radio dan TV lokal yang punya program NTB bersaing dan anugerah pengabdian seumur hidup bagi insan penyiaran NTB.”Untuk anugerah pengabdian seumur hidup, panitia sudah mengantongi sedikitnya 25 nama tokoh penyiaran NTB yang nanti akan dicermati jejak rekamnya oleh 12 anggota dewan juri,”kata Sukri Aruman, Wakil Ketua KPID NTB yang juga merangkap sebagai penanggungjawab kegiatan KPID NTB Awards 2012.

Panitia, jelas Sukri masih memberi kesempatan kepada masyarakat NTB untuk mengusulkan tokoh-tokoh penyiaran lokal yang mereka yakini punya andil luar biasa untuk memajukan dunia penyiaran Nusa Tenggara Barat. “Kriterianya tentu saja, punya kepedulian terhadap penyiaran NTB, sekalipun bukan praktisi, silakan saja diajukan ke panitia dengan memberikan data pendukung berupa riwayat hidup dan jejak rekam calon yang diusulkan,”tegasnya.

Sementara itu terkait partisipasi radio dan televisi lokal, lanjut Sukri, sedikitnya sudah 15 lembaga penyiaran  mengirimkan karyanya untuk berkompetisi di ajang bergengsi tersebut.”Kebanyakan peserta mengirim karyanya lewat  email panitia. Disamping juga ada yang mengirim langsung ke seketariat panitia,”paparnya seraya menambahkan bahwa batas akhir penerimaan karya peserta yakni 30 April 2012 mendatang. Pihaknya optimis, pelaksanaan Anugerah KPID NTB AWARDS 2012  akan lebih baik dan semarak, dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

Menurut rencana, malam puncak akan digelar pada 25 Mei 2012 di sebuah hotel berbintang di Mataram dan akan dihadiri langsung Gubernur NTB dan jajarannya. Malam anugerah juga akan dimeriahkan aneka atraksi menarik, art performance, pertunjukan musik dan kesenian daerah Sasambo (Sasak Samawa Mbojo) dengan mengusung thema Yang  Terbaik untuk NTB.”Thema ini saya kira sejalan dengan agenda dan visi misi pembangunan di NTB, yang beriman dan berdaya saing.

Bagaimana media juga memberikan yang terbaik untuk kemajuan daerah, bahwa mendukung program pembangunan daerah lewat program siaran yang berkualitas tentu saja menjadi kewajiban semua pihak termasuk radio dan  dan TV. Kita harus akui, media punya peran besar meningkatkan partisipasi publik bahkan mengarahkan prilaku dan gaya hidup masyarakat. Mudah-mudahan dunia penyiaran NTB akan lebih sehat dan bermartabat,”imbuhnya.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !