Walikota Sidak pada hari pertama Ujian Nasional (UN) di SMAN 6, SMAN 7, MAN 2 dan SMKN 1 Mataram

Mataram, MATARAMnews – Untuk memastikan pelaksanaa Ujian Nasional (UN) berjalan aman dan lancar, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pelaksanaan UN tingkat SMA/ SMK dan MA pada hari pertama di sejumlah sekolah di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Senin (16/4/2012). Dalam kunjungan itu Walikota didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram H. Ruslan Efendi dan Staf Ahli  serta Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Mataram, Drs. Cukup Wibowo, M.MPd.

Sidak pelaksanaan UN dimulai dari SMAN 6, kemudian SMAN 7, MAN 2 dan SMKN 1 Mataram, dari empat  lokasi yang dikunjungi Walikota tersebut kegiatan UN berjalan lancar dan kondusif. “Tidak ada masalah, soal-soal lancar, suasana ujian juga nyaman, peserta ujian pun lengkap. Kecuali di MAN 2 ada 1 siswa yang sakit tapi akan ikut di ujian susulan,” jelas Walikota di sela-sela kegiatan sidak UN.

Namun demikian Walikota tetap meminta kepada Dinas Pendidikan, Panitia, serta pengawas untuk terus menjaga kondisi ini hingga pelaksanaan UN berakhir sehingga tercapai pelaksanaan UN “ Jujur dan Berprestasi” dan target 100 persen tercapai.

Di sisi lain Walikota juga berharap agar peserta UN tidak dikelabui dan dipengaruhi oleh soal atau kunci jawaban yang menyesatkan. Sebaliknya peserta UN harus percaya dan yakin terhadap kemampuan diri sendiri. “Kalau ada yang terbukti membawa dan mendapatkan soal atau kunci jawaban harus segera diusut tuntas,” tegasnya.

Sementara Kadis Dikpora Kota Mataram, H. Ruslan Efendi mengatakan total peserta UN tahun ajaran 2011/ 2012 sebanyak 6.112 untuk semua tingkat SMA/ SMK dan MA negeri swasta, dengan menggunakan 361 ruangan.  Kegiatan UN berlangsung  empat hari untuk SMA dan tiga hari untuk SMK.

Dalam kegiatan sidak tersebut, Walikota bersama rombongan hanya melihat peserta dari luar ruangan. Hal itu dimaksudkan agar tidak menggangu peserta UN. Begitu pula saat melihat seorang siswa penyandang tuna netra yang ikut UN khusus  di SMAN 6 Mataram, Walikota bersama rombongan hanya melihat dari pintu ruang kelas.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !