Lombok Tengah, MN – Desa persiapan Kerame Jati yang merupakan desa persiapan pemekaran desa Pengembur, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah (Loteng), mematangkan persiapannya menjadi desa definitif, hingga saat ini terus melengkapi beberapa syarat sebagai desa definitif.

Penjabat Kepala Desa Persiapan Desa Krame Jati, Lalu Juangsa mengatakan pihaknya membenarkan desa persiapan Kerame Jati sudah sangat siap menjadi desa definitif. Hal ini dibuktikan dari beberapa syarat utama sebagai desa definitif hingga saat ini sudah di penuhi.

“Untuk syarat utama seperti kantor dan fasilitasnya sudah dimiliki oleh desa persiapan Karema Jati, termasuk lokasi atau tanah kantor desa persiapan seluas empat are,” ungkap Lalu Juangsa, kepada wartawan di Lombok Tengah, Kamis (24/10/2019).

Ia menjelaskan bahwa untuk masalah tanah merupakan hibah dari salah seorang warga setempat. “Ini di buktikan dengan surat lengkap dan syah dimata hukum dan dilengkapi pernyataan hibah,” ujarnya.

“Sebenarnya, lokasi yang dulu untuk kantor sudah ada, tetapi tidak dari warga, ada yang mau menghibahkan tanahnya, dan alhamdulillah kantor persiapan desa Krame Jati saat ini sudah 70 persen jadi,” ujarnya.

Kadus Munsun, Salman menambahkan, masyarakat desa persiapan Krame Jati yang tergabung dalam 12 dusun ini bahu-bahu membahu membangun kantor dan menyumbang fasilitas penunjang kantor. Sehingga kurang dalam kurun waktu tiga tahun kantor dan fasilitss penunjang lengkap sudah dimiliki desa persiapan Krame Jati.

Ia berharap pemerintah Kabupaten Lombok Tengah segera menerbitkan Perda terkait desa pemekaran yang berjumlah 15. Dengan terbitnya Perda tersebut tentu akan semakin mempercepat desa persiapan Krame Jati segera bisa menjadi definitif.

Dimana desa persiapan Krame Jati terdiri dari 12 dusun, yakni dusun Musun, Rap, Pengalang, Pangalung, Tamping, Perigi, Mentulu, Keramat, Sepit, Seang, Bunut dan Asak. Desa Persiapan Krame Jati memiliki 1879 KK dan 5506 jiwa.

“Kami nyatakan diri sudah tidak sabar menjadi definitif,” tandasnya. (mn-08)