H. Mohan Roliskana, Wakil Walikota Mataram dilantik sebagai Ketua PMI Kota Mataram

Mataram, MATARAMnews – Kebutuhan akan darah di Kota Mataram semakin meningkat. Mengingat di Kota Mataram terdapat sejumlah rumah sakit rujukan seperti Rumah Sakit Umum Propinsi dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. Hal tersebut diungkapkan Ketua Palang Merah Indonesia Nusa Tenggara Barat, Drs. Mesir Suryadi usai melantik Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH sebagai Ketua PMI Kota Mataram periode 2011-2016 di Pendopo Walikota Mataram, Sabtu (21/4).

Keberadaan bank darah lanjut Mesir, diharapkan dapat mengurangi tingkat antrian di Unit Transfusi Darah. Dengan adanya bank darah di setiap rumah sakit, keluarga pasien yang sedang membutuhkan darah dapat dengan cepat memperolehnya.

Diakuinya, di Nusa Tenggara Barat tingkat kebutuhkan kantong darah sebanyak 6 ribu kantong, namun saat ini PMI NTB hanya mampu menyediakan setengahnya atau 3200 kantong.

Minimnya anggaran yang dimiliki juga menjadi kendala tersendiri, oleh karena itu pihaknya meminta agar setiap cabang PMI yang tersebar di 4 wilayah (Lombok Barat, Lombok Timur, Sumbawa dan Bima) dapat meminta anggaran ke pemerintah daerah setempat melalui APBD Kabupaten/Kota.
Begitu pula Cabang Kota Mataram yang baru dilantik, juga diharapkan dapat dengan segera mempersiapkan sarana dan prasarana seperti markas dan peralatan unit tranfusi darah.

Untuk unit transfusi darah, PMI NTB akan memberikan bantuan  perangkat tersebut dan meminjamkan mobil unit transfuse darah yang dapat digunakan untuk menjangkau para pendonor di wilayah masing masing.

Sementara itu, Ketua PMI Cabang Kota Mataram, H. Mohan Roliskana, Sos, MH menyebutkan, akan segera melakukan pembenahan kepengurusan dan infrastuktur.

Terkait keberadaan bank darah khususnya di rumah sakit milik Pemerintah Kota Mataram, pihaknya menyatakan akan segera merealisasikannya.
Pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram juga telah menyatakan kesiapannya dalam mewujudkan bank darah sebagai bentuk pelayanan prima bagi para pasien.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !