Wisuda Terakhir IKIP Mataram 318 Mahasiswa

Mataram, MN – IKIP Mataram menggelar Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode I Tahun Akademik 2019/2020 pada hari Rabu (13/11/2019).

“Berdasarkan SK Yudisium di masing-masing fakultas jumlah total mahasiswa yang di wisuda adalah 318 orang,” kata Ketua Panitia Wisuda, Ni Ketut Alit Suarti.

Ni Ketut Alit Suarti menjelaskan rincian mahasiswa yang diwisuda. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Program Studi Teknologi Pendidikan 39, Bimbingan dan Konseling 60, Administrasi Pendidikan 31, Pendidikan Luar Sekolah 2 orang. Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA (FPMIPA) Program Studi Pendidikan Biologi 12, Pendidikan Matematika 16, Pendidikan Kimia 8 dan Pendidikan Fisika 2 orang.

Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 64 orang. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris 14 dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris 70 orang.

Berdasarkan predikat kelulusan, berhasil lulus dengan predikat Sangat Terpuji (Summa Cum Laude) 4 orang, Dengan Pujian (Cum Laude) 72 orang, Sangat Memuaskan 232 orang, Cukup Memuaskan 1 orang, Memuaskan 9 orang. Wisudawan terbaik berdasarkan IPK diraih oleh Zukhairatunniswah Prayati IPK 3,91 (S2 Pendidikan Bahasa Inggris) dan Afjur IPK 3,85 (Prodi Administrasi Pendidikan).

Ibu yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I itu menambahkan, bahwa wisuda ini menjadi wisuda terakhir bagi IKIP Mataram seiring dengan perubahan bentuk dari institut menjadi Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). Semua proses akademik dan tahap legalitas penyelesaian studi mahasiswa sesungguhnya sudah selesai sebelum tanggal 10 Oktober 2019, namun karena berbagai kesibukan lainnya, dan atas dasar hasil konsultasi dengan LLDIKTI Wilayah VIII akhirnya wisuda baru dapat dilaksanakan tanggal 13 November 2019.

Wisuda juga berbarengan dengan masa pendaftaran CPNS dan penerimaan tenaga kerja pada berbagai sektor, mudah-mudahan banyak alumni IKIP Mataram termasuk yang di wisuda kali ini diterima dan terserap pada tempat kerja yang mereka harapkan.

Dimana untuk wisuda selanjutnya kami sudah menggunakan UNDIKMA dengan berbagai perubahan seperti jumlah program studi menjadi 20 terdiri dari 12 program studi dari IKIP Mataram (seperti disebutkan sebelumnya) dan 8 program studi dari UNTB yaitu Prodi S1 Kehutanan, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Manajemen, S1 Pendidikan Dokter Hewan, S1 Teknil Sipil, D3 Arsitektur, D3 Seni Rupa, D3 Teknik Pertambangan.

Wisuda dihadiri oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Dr. Ir. Patdono Suwigno, M.Eng.Sc, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Prof. Nengah Dasi Astawa, Ketua Yayasan Pembina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram (YPIM) H. L. Rusmiady, SH.,MM, Rektor beserta seluruh anggota Senat dan Pimpinan IKIP Mataram, Pimpinan lembaga mitra, Pimpinan PTN/PTS Se Kota Mataram, dan orang tua wisudawan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pembina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram (YPIM) H. L. Rusmiady, SH.,MM,mengatakan bahwa wisuda kali terakhir untuk atas nama IKIP Mataram seiring dengan perubahan bentuk menjadi UNDIKMA.

Dikatakan bahwa semua proses akademik dan tahap legalitas penyelesaian studi mahasiswa sesungguhnya sudah selesai sebelum tanggal 10 Oktober 2019, namun karena berbagai kesibukan lainnya, dan atas dasar hasil konsultasi dengan LLDIKTI Wilayah VIII akhirnya wisuda baru dapat dilaksanakan tanggal 13 November 2019.

Selain itu wisuda juga berbarengan dengan masa pendaftaran CPNS dan penerimaan tenaga kerja pada berbagai sektor. Dia berharap agar lebih banyak alumni IKIP Mataram termasuk yang di wisuda kali ini diterima dan terserap pada tempat kerja yang mereka harapkan. (mn-07)