Rekrutmen Panwascam Gunakan Sistem CAT, Bawaslu Harap Muncul Pengawas Berkualitas

Ad Bawaslu Kota Mataram: Pengumuman Rekrutmen Panwascam

Mataram, MN – Bawaslu Kota Mataram punya gebrakan terbilang baru yang akan diterapkan dalan proses rekrutmen anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam).

Pasalnya, kali ini pihak Bawaslu akan menerapkan test tulis online berbasis komputer untuk menjaring anggota pengawas adhoc tingkat kecamatan yang akan bertugas nanti dalam pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Waikota Mataram pada pilkada serentak 2020 mendatang.

Proses tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sesuai dengan Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor: 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/XI/2019 bahwa pendaftaran dan penerimaan berkas akan dimulai pada tanggal 27 November hingga nanti 3 Desember 2019.

Kordiv SDM, Organisasi dan Data Informasi Bawaslu Kota Mataram, Muhammad Yusril menjelaskan bahwa pada proses perekrutan kali ini ada yang berbeda dengan tahapan sebelumnya. Dimana perekrutan kali ini dalam proses tes tulis tidak lagi secara manual namun sudah berbasis komputerisasi seperti test CPNS.

“Tahapan perekrutan kali ini ada beberapa perbedaan, salah satunya terletak pada pelaksanaan tes tulis, jika sebelumnya tes tulis menggunakan kertas atau manual, sekarang sudah menggunakan online Computer Assisted Tes atau biasa disebut CAT,” kata Yusril, di Mataram, Kamis (21/11/2019).

Menurut Yusril bahwa seleksi berbasis online atau CAT tersebut merupakan gebrakan baru dari Bawaslu dalam hal perekrutan pengawas adhoc tingkat kecematan.

“Ini gebrakan baru ya, kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa proses perekrutan Panwascam itu naik level, lebih modern dari sebelumnya, artinya apa? Ketika prosesnya itu naik level maka hasilnya akan lebih baik. Selain itu, juga akan menunjang akuntabilitas proses perekrutan,” ujarnya.

Karena itu Yusril berharap dengan proses perekrutan Panwascam terbilang baru tersebut nantinya bisa muncul sumber daya pengawas yang berkualitas.

“Pada proses perekrutan Panwascam untuk Pilkada Tahun 2020 ini kami berharap semoga akan muncul anggota Panwascam yang kredibel, berintegritas, dan punya kapabilitas terhadap kinerjanya,” pungkasnya. (mn-07)