Angka Stunting di Lombok Utara Menurun

Lombok Utara, MN – Ketua TP PKK NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati merasa bersyukur lantaran saat ini angka stunting di Kabupaten Lombok Utara (KLU) meurun dari 60 persen menjadi 35 persen.

“Capaian ini patut kita syukuri. Alhamdulillah, KLU sedang samangat untuk bangkit dan kami merasa bersyukur,” ucap Ketua TP PKK NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati, saat melakukan roadshow di KLU yang dipusatkan di halaman Kantor Desa Medana, Selasa (26/11/2019).

Istri Gubernur NTB yang akrab disapa Bunda Niken ini mengingatkan capaian itu tidak boleh membuat semua pihak harus berbangga hati justru harus lebih giat lagi berusaha untuk menguranginya sampai zona hijau dengan cara meningkatkan intensitas sosialisasi makan ikan karena angka konsumsi ikan masyarakat di pulau Lombok masih kurang dibandingkan dengan daerah lain.

Selain stunting, lanjut Bunda Niken, hal lain yang menjadi perhatian PKK adalah keluarga generasi sehat dan cerdas yang menghendaki semangat yang luar biasa harus dimiliki oleh para penggerak PKK dalam semua jenjang dan tingkatan kepengurusan.

Roadshow TP PKK bersama OPD Provinsi NTB yang dipimpin oleh Ketua TP PKK di KLU disampaikan Bunda Niken dalam rangka memeriahkan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (HKG PKK-KKBPK Kes) tahun 2019.

Menurut Bunda Niken, tujuan roadshow selain silaturahmi juga adanya berbagai hal yang perlu dibicarakan bersama, sehingga pihaknya juga mengajak BKKBN Provinsi dan stakeholder lainnya. Ia menegaskan kegiatan tersebut bukanlah acara seremonial belaka tapi substansinya lebih pada upaya membangun tali silaturahmi dengan pelbagai pihak yang diharapkan membawa manfaat untuk semua lapisan masyarakat.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak dua pekan yang lalu di pulau Sumbawa dan pulau Lombok,” tandasnya.

Mewakili Bupati Lombok Utara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Kawit Sasmita, SH menyampaikan PKK merupakan salah satu elemen yang punya peran strategis dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat dari tingkat yang paling bawah.

“Setiap keluarga harus berperan membangun dirinya dalam rangka percepatan pembangunan di KLU,” pungkasnya.

Karena itu, Ketua TP PKK KLU Hj. Rohani Najmul Akhyar, S.PdI di hadapan kader PKK dan Ketua TP PKK Provinsi NTB mengatakan, pada kesempatan itu berbagai pemangku mengikuti roadshow TP PKK dan OPD Provinsi NTB dalam rangka HKG ke-74 tahun 2019 dan KKBPK Kesehatan Provinsi NTB yang dipusatkan di Desa Medana Kecamatan Tanjung.

Menurut Rohani, kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan pada Keppres nomor 9 tahun 2018, hasil rakernas TP PKK, dan program kerja TP PKK KLU.

Tujuan kegiatan itu, papar Rohani, memasyarakatkan kegiatan PKK sebagai gerakan yang dikelola oleh, dari, dan untuk masyarakat, serta meningkatkan pemahaman TP PKK tentang tujuan program PKK.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten Pemerintahan dan Hukum Setda KLU Kawit Sasmita, SH, Kadis DP2KBPMD KLU Drs. H. Kholidi, MM, TP PKK KLU, Camat Tanjung Syamsul Bahri, S.Sos, MM, Pemerintah Desa Medana dan undangan lainnya.

Roadshow TP PKK NTB tersebut dirangkaikan dengan kegiatan layanan keluarga berencana (KB), bazzar UP2K PKK, pemberian PMTAS berbahan ikan utuk 1000 balita, perpustakaan keliling, pemberian APE, penyuluhan KB serta pemberian bantuan dan sarana penunjang bagi kelompok kegiatan (poktan) PKK. Diisi pula dengan lomba-lomba dalam berbagai cabang dan juga pemberian reward.

Rangkaian roadshow dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand lomba oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB beserta rombongan didampingi Ketua TP PKK KLU dan pembagian hadiah kepada pemenang lomba.  (hs-klu/mn-07)