KPU Sosialisasi Silon Balon Independen Pilwalkot Mataram

Mataram, MN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram perkenalkan sistem informasi pencalonan (silon) kepada bakal calon (balon) perseorangan atau independen yang berencana maju dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Mataarm 2020.

Ketua KPU Kota Mataram Husni Abidin mengatakan pihaknya saat ini memperkenal sekaligus sosialisasi tahapan tata cara dan prosedur penyerahan dukungan serta tata cara penggunaan sistem informasi pencalonan (silon) bagi bakal pasangan calon perseorangan pemilihan walikota dan wakil kota Mataram tahun 2020.

“ini baru dalam bentuk memperkenalkan tahapan dan tata cara pencalonan serta memperkenalkan silon kepada bakal calon perseorangan,” kata Husni di Mataram, Kamis (5/12/2019).

Menurut Husni, berdasarkan undangan terbuka lewat media dan medsos baru dua tim bakal calon perseorangan yang menyerahkan mandat dan mengikuti sosialisasi.

“sesuai mandat yang masuk ke KPU Kota Mataram baru satu bakal calon yang sudah memiliki pasangan dan satu lagi belum ada pasangan,” terangnya.

Dua tim pasangan bakal calon yang mengikuti sosialisasi tahapan tata cara dan prosedur penyerahan dukungan serta silon yaitu dari bakal pasangan calon Dianul Hayezi SE dan H. Badrun Nadianto serta bakal calon Ir Lalu Makmur Said.

Perlu diketahui pula bahwa bakal calon perseorangan yang akan maju dalam pilkada di Kota Mataram harus menyerahkan syarat dukungan minimal sebesar 24.922 E-KTP yang tersebar minimal di empat kecamatan.

Berdasarkan tahapan bahwa penyerahan berkas tersebut dilakukan selama lima hari yaitu dimulai tanggal 19-23 Februari 2020. (mn-07)