BIL Salurkan Dana Pinjaman Program Kemitraan

Lombok Tengah, MN – Bandara Internasional Lombok (BIL) telah menyalurkan dana bantuan program bina lingkungan dan dana pinjaman program kemitraan pada tanggal 11 Desember 2019 di Ruang Rapat Rinjani PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Lombok.

Bantuan program bina lingkungan berupa pemasangan instalasi listrik, dan pemasangan daya baru 450 VA untuk 318 rumah di desa Tanak Awu Ketara, dan Penujak. Adapun rincian penyaluran bantuan kepada ketiga desa sebanyak 106 rumah di masing – masing desa Tanak Awu Ketara, dan desa Penujak.

Selain penyaluran bantuan pemasangan pemasangan instalasi listrik, dan pemasangan daya baru 450 VA, BIL juga menyalurkan dana program kemitraan berupa pinjaman sebesar Rp. 700.000.000,- (tujuh ratus juta rupiah) untuk 19 mitra binaan yang terdiri dari 15 mitra binaan baru dan 4 mitra binaan lanjutan yang telah melalui analisa dan survei lapangan.

Pemberian dana bantuan program kemitraan diharapkan dapat membantu para mitra untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, bantuan program bina lingkungan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam aktivitas kesehariannya.

Total dana Program Bina Lingkungan yang telah disalurkan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok dari tahun 1996 sampai dengan Desember 2019 sebesar Rp. 9.891.876.034 (sembilan milyar delapan ratus sembilan puluh satu juta delapan ratus tujuh puluh enam ribu tiga puluh empat rupiah), sedangkan Total dana Program Kemitraan yang telah disalurkan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok dari tahun 1996 sampai dengan Desember 2019 adalah sebesar Rp. 34.127.188.737 (tiga puluh empat milyar seratus dua puluh tujuh juta seratus delapan puluh delapan ribu tujuh ratus tiga puluh tujuh rupiah).

Dari tahun 1996 sampai dengan November 2019, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok telah menyalurkan pinjaman kemitraan ke beberapa sektor usaha, sebagai berikut :

  1. Sektor Industri sebanyak 159 Mitra Binaan;
  2. Sektor Perdagangan sebanyak 788 Mitra Binaan;
  3. Sektor Pertanian sebanyak 5 Mitra Binaan;
  4. Sektor Peternakan sebanyak 32 Mitra Binaan;
  5. Sektor Perkebunan sebanyak 23 Mitra Binaan;
  6. Sektor Perikanan sebanyak 11 Mitra Binaan;
  7. Sektor Jasa sebanyak 175 Mitra Binaan;
  8. Sektor lainnya sebanyak 49 Mitra Binaan.

Sehingga Mitra Binaan PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok berjumlah 1.242 (seribu dua ratus empat puluh dua) Mitra Binaan.

“Semua kewajiban kami ( PT Angkasa Pura I Lombok Internasional Airport udah tuntas di salurkan. Untuk program yang disalurkan dari PT Angkasa Pura I tahun ini tidak saja ke lingkar bandara saja,tapi juga bisa ke kabupaten lain yakni Lombok Timur,” ungkap GM BIL, Nugroho Jati, di Lombok Tengah, Selasa (11/12/2019).

“Mudah-mudahan dan berharap dana kemitraan program bina lingkungan dan program lain bisa di salurkan ditahun depan dan kedepan mitra bisa mencerikan kepada calon mitra mitra lainnya.Kata General Manager PT Angkasa Pura I Lombok Internasional Airport,” harapnya.

Sedangkan Camat Pujut Lalu Sungkul bersyukur masyarakat kita bisa menikmati bantuan dari PT.Angkasa Pura I atas binaan dan kemitraaan,tetutama kawasan kecamatan Pujut.

“Bantuan dari Angkasa pura sangat bermaanfaat, tentunya progaram yang di salurakan tidak hanya bina kemitraan atau bina lingkungan saja,ada juga bantuan operasi katarak dan tentunya sangat bermaanfaat,” kata Lalu Sungkul. (mn-08)