Bank NTB Syariah Akan Gelontorkan Rp75 M Pembiayaan Bagi Petani Binaan HKTI NTB

Mtaram, MN – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) NTB tandatangani kerja sama mitra strategis dengan PT Bank NTB Syariah terkait dengan penyaluran pembiayaan tunas sejahtera IB Amanah PT Bank NTB Syariah bagi petani bawang putih dan jagung binaan HKTI NTB.

Bank NTB Syariah akan menggelontorkan dana sekitar Rp 75 milyar untuk membantu petani bawang putih dan jagung binaan HKTI sebagai suport kepada petani saat musim tanam.

Penandatanganan tersebut dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama PT Bank NTB Syariah Kukuh Rahardjo dengan Ketua HKTI NTB H Rumaksi, disaksikan oleh Pejabat Sekda NTB Ir H Iswandi dan Kepala OJK NTB.

Pada kesempatan tersebut Pejabat Sekda NTB Ir H Iswandi yang mewakili Gubernur NTB menyambut baik langkah yang dilakukan oleh PT Bank NTB Syariah dengan mitra strategis.

“dengan penandatanganan kerjasama ini terus meningkat dengan berbagai pihak agar Bank NTB Syariah menjadi pilihan rakyat NTB,” ucapnya.

Karena itu menurutnya sebagai pemegang saham terbesar terus meningkatkan komitmen agar BUMD PT Bank Syariah NTB dimana pemerintah provinsi pemegang saham besar akan terus menambah sahamnya.

“saat ini pemerintah provinsi NTB kepemilikan sahan sebesar 44.7 persen dan dalam beberapa tahun kedepan akan terus diupayakan peningkatan kepemilikan saham hingga mencapai 51 persen,” paparnya.

“nanti ada sekitar Rp 78 milyar dalam bentuk aset dan PT Bank NTB diharapkan untuk memberikan deviden pada pemerintah NTB lebih besar lagi,” harapnya.

Sementara itu komitmen dari pemerintah provinsi NTB terkait dengan penyerapan hasil bawang putih dan jagung dari petani akan ditingkatkan. “Selama ini produksi kita jauh dan lebih kecil dari kebutuhan pasar,” terangnya. Karena itu Ia optimis pemerintah provinsi akan menyerap semua produk yang dihasilkan dari petani.

Pada kesempatan yang sama ketua HKTI NTB, H.Rumaksi menyatakan bahwa penandatangan yang dilakukan dengan Bank NTB Syariah merupakan sejarah.

“Ini peristawa yang bersejarah bagi kami HKTI,” ucapnya yang juga menjabat sebagai wakil Bupati Lombok Timur tersebut. Menututnya karena saat ini dari pihak bank sudah bersedia membantu petani hingga nanti petani bisa maju dan berkembang.

“Amanat ketua umum kami yang juga Staf Kepresidenan, pak Moeldoko bahwa petani harus kaya agar bisa mengangkat harkat dan martabat dan bisa menyekolahkan anak anak,” tegas Rumaksi.

Ia tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada pihak bank NTB Syariah yang telah membantu petani bawang putih dan jagung binaan dari HKTI NTB.

Sedangkan Direktur Utama PT Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo menjelaskan bahwa kerjasama dengan HKTI, Bank NTB Syariah menyiapkan prodak khusus dengan nama tunas sejahtera yang dapat digunakan oleh anggota HKTI guna pengembangkan budidaya tanaman jagung dan bawang putih.

“HKTI hanya memfasilitasi untuk proses berkumpul dengan petani dan merekomendasikan petani yang bagus,” tandasnya. (mn-07)