Wakil Bupati Lombok Tengah H.L. Pathul Bahri SIP, pimpin Sangkep Warige (Rapat Adat)) di Pujut Lombok Tengah, Sabtu (11/1/2020).

Lombok Tengah, MN – Core event Bau Nyale di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tahun ini jatuh pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak atau pada Jumat-Sabtu, 14 sampai 15 Februari 2020. Kegiatan puncak core event Bau Nyale akan digelar di kawasan Tanjung Aan desa Sengkol Kecamatan Pujut.

Penetapan tanggal pelaksanaan Bau Nyale tersebut dilakukan melalui Sangkep Warige (Rapat Adat) pada Sabtu (11/1/2020), yang dipimpin Wakil Bupati Lombok Tengah H.L. Pathul Bahri SIP, dihadiri Tokoh Penjuru Mata Angin dan Tokoh Masyarakat di kampung adat Ende desa Sengkol Kecamatan Pujut.

Wakil Bupati Lombok Tengah H.L. Pathul Bahri, SIP menyampaikan hasil keputusan Sangkep Warige, bahwa pelaksanaan hari H event Bau Nyale 2020 di Lombok Tengah, jatuh pada Hari Jumat 14 Februari sampai 15 Februari 2020.

“Hasil Sangkep Warige yang diikuti para pemangku adat di daerah ini. Penentuannya tidak sembarangan menentukan kapan Bau Nyale, karena harus melalui rembuk bersama oleh para penjuru mata angin dan pemuka adat di daerah ini dengan mempertimbangkan tanda-tanda dan gejala alam. Setelah melalui rapat adat ditetapkanlah Bau Nyale jatuh pada 14 – 15 Pebuari 2020,” terang Wabup Pathul.

Terpisah Bupati Lombok Tengah H.M.Suhaili FT mengungkapkan, lokasi puncak perayaannya core event Bau Nyale tahun ini akan digelar di kawasan Tanjung Aan desa Sengkol Kecamatan Pujut.

Ada beberapa pertimbangan kenapa lokasi puncak perayan Bau Nyale digeser ke kawasan Pantai Tanjung A’an biasanya di pantai Seger. Bupati Suhaili mengatakan bahwa perlu masyarakat tahu saat ini tengah ada kegiatan pembangunan berbagai infrastruktur oleh pihak ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika, termasuk di antaranya pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika.

“Perayaan Bau Nyale sendiri memang digelar di Pantai Tanjung A’an. Tapi untuk bau nyale-nya sendiri bisa di pantai manapun di sepanjang pantai Loteng bagian Selatan,” tandas Bupati.

(mn-08)



Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !