Penyerahan secara simbolis oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mataram H. Saiful Mukmin

Mataram, MATARAMnews – Pemerintah Kota Mataram (Pemkot) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat menggelontorkan dana sebesar Rp 2,5 milyar untuk pembangunan di tingkat kelurahan. Dana tersebut disalurkan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang ada di tingkat kelurahan, yang diperuntukkan lebih dari 13 kegiatan, seperti rehab rumah tidak layak huni, jamban keluarga, persampahan, air bersih, pembuatan sumur resapan, jembatan/plat beton, gorong gorong, paving block, rabat jalan, penerangan jalan lingkungan, dan posyandu.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mataram H. Saiful Mukmin menyebutkan, peluncuran dana pembangunan kelurahan atau yang sering di istilahkan dana ‘On Call’ tersebut nantinya juga akan di sinergikan dengan program dari Pemerintah Provinsi maupun Pusat seperti rehab rumah tidak layak huni.

Pada tahun 2012, rumah tidak layak huni di Mataram yang telah direhab sejumlah 874 unit. Jumlah tersebut nantinya akan bertambah dengan adanya bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat melalui Bappeda sejumlah 607 unit dan dari BPMD Bumdes Propinsi NTB sejumlah 232 unit. Dari Dana Pembangunan Kelurahan (DPK) telah direhab 49 unit rumah.

Selain dibidang fisik, dibidang ekonomi, Pemerintah Kota Mataram juga menggulirkan bantuan modal usaha bagi kelompok pedagang kecil dan kelompok masyarakat teknologi tepat guna sebanyak 71 kelompok di Kota Mataram.

Sementara, pada kesempatan Pembukaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat IX yang dirangkai Hari Kesatuan Gerak PKK ke 40 dan Gelar Teknologi Tepat Guna X tingkat Kota Mataram, Walikota Mataram dalam sabutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Makmun SH.MH, menghimbau kepada seluruh aparat terkait di Kota Mataram agar membudayakan kembali budaya bersih yang pelaksanaannya dapat lebih mengoptimalkan peran Kader Posyandu dan Kader Pembangunan sebagai penggerak pembangunan yang inovatif.

Kegiatan BBGRM ke-IX dapat dijadikan momentum untuk mengajak dan melibatkan masyarakat agar peduli terhadap kebersihan sehingga Kota Mataram dapat meraih kembali Piala Adipura. Kebersihan yang terjaga dapat berimbas pada kesehatan masyarakat serta berimbas pada peningkatan hidup masyarakat Kota Mataram.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !