Direktur RSUD Kota Mataram Dr Lalu Herman Mahaputra bersama dengan Kepala Cabang BPJS Mataram Sarman Palipadang, sedang melihat display ketersedian tempat tidur atau kamar perawatan

Mataram, MN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi dilakukan dengan perjanjian kerjasama antara RSUD dengan BPJS Kesehatan.

Direktur RSUD Kota Mataram, Dr Lalu Herman Mahaputra mengatakan bahwa sebagai komitmen RSUD apa yang telah ditetapkan dalam perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan akan dilakukan untuk meningkatkan pelayanan.

“Pagi ini BPJS bersama dengan RSUD Kota Mataram dan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) komitmen terkait dengan antrian pasien dan ketersedian kamar,” terang Lalu Herman saat launcing aplikasi ketersediaan tempat tidur (aplicares) RSUD Kota Mataran, Selasa (11/02/2020) pagi.

Rumah Sakit Kota, menurut Lalu Herman, akan menjalankan komiten agar bagaimana membangun kerjasama dengan sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“RS (Rumah Sakit) inovasi ini, agar masyarakat lebih nyaman terutama terkait antrian. Masyarakat tidak bingung. Tidak terjadi penumpukan. Masyarakat bisa atur waktu. Sedangkan ketersedian tempat tidur kami ingin memberikan transparansi dan informasi dengan luas, pasien bisa melihat ketersediaannya langsung,” terangnya.

Bahkan, lanjutnya, untuk ketersedian layanan tempat tidur atau kamar, masyarakat bisa langsung melihatnya pada display yang disediakan di IGD dan Poli Rawat Jalan. Informasi ketersedian kamar berubah (uptude) dalam setiap lima detik sekali, bahkan juga langsung terhubung dengan aplikasi Mobile JKN.

Hingga saat ini, RSUD Kota Mataram telah memiliki sebanyak 294 kamar perawatan, karena itu pihak Rumah Sakit berkomitmen tidak ada kata atau alasan menolak pasien, karena jika pasien yang sesuai kelas perawatannya full maka akan diberikan di kamar yang tersedia tanpa dipungut biaya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Mataram, Sarman Palipadang mengatakan bahwa pihak RSUD Kota Mataram telah melaksanakan empat komitmen berdasarkan perjanjian kerjasama yang telah dilakukan dengan pihak BPJS Kesehatan.

“Ada empat komiten yang telah dilaksanakan di RSU Kota, mulai dari antrian online, display ketersedian tempat tidur, dan terintergrasi dengan aplikasi mobile JKN, simplifikasi hemodia lisa dan BPJS SATU (Siap Membantu),” katanya.

Karena itu, ia berharap komitmen yang telah dijalankan oleh RSUD Kota Mataram tersebut bisa di laksanakan atau ditiru oleh Rumah Sakit yang ada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Mataram.

(mn-07)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !