Lombok Barat, MN – Dari laporan warga, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin meningkat di desa Lembar Selatan Lombok Barat. Guna mencegah DBD, warga diberikan bantuan kelambu berinsektisida, serta edukasi bahaya DBD dan resiko yang mendukung penularan DBD.

LKC Dompet Dhuafa NTB yang menjadi salah satu bagian dari kegiatan Pemda Menyapa Desa yang digelar Pemkab Lombok Barat, menyerahkan bantuan sebanyak 100 kelambu berinsektisida di desa Lembar Selatan, Lobar, Jumat (14/2/2020).

Penyerahan bantuan kelambu berinsektisida dilakukan secara simbolis kepada Kepala Puskesmas Jembatan Kembar Agus Sustrisman dan Kepala Desa Lembar Selatan H. Beny Basuki, yang disaksikan langsung oleh Sekda Lombok Barat Dr. H Baehaqi dan Kepala Dinas Kesehatan Lombk Barat Drg. Hj Ni Made Ambaryati.

Kelambu berinsektisida tersebut nantinya akan disalurkan oleh pihak desa dan puseksmas kepada warga yang membutuhkan, terutama keluarga yang memiliki bayi, balita, ibu hamil dan lansia, mengingat laporan kasus DBD semakin meningkat di daerah tersebut.

Selain pemberian kelambu berinsektisida, pada kegiatan tersebut juga dilakukan edukasi mengenai bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue dan faktor risiko apa yang mendukung penularan DBD.

Masyarakat dihimbau untuk dapat mencegah terjadinya penularan penyakit Demam Berdarah dengan cara pemberantasan nyamuk melalui Gerakan 3 M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup penampungan air dan mendaur ulang barang bekas yang dapat menjadi tempat genangan air.

Masyarakat juga diminta untuk segera melaporkan kepada pihak Puskesmas jika keluarga dan sanak saudara mengalami gejala penyakit Demam Berdarah Dengue.

(mn-10)