Bupati KLU, H. Najmul Akhyar didampingi Kepala DKPP KLU H. Nanang Matalata, saat menyerahkan bantuan Alsintan kepada kelompok tani (poktan) Makmur Jaya di Dusun Gol Munjid Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan, Rabu (13/02/2020

Lombok Utara, MN – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat pada sektor pertanian. Sejumlah bantuan alat dan mesin pertanian disalurkan kepada sejumlah kelompok tani dan pembangunan sarana dan prasarana juga digenjot dibeberapa lokasi di Lombok Utara.

Bupati Lombok Utara H. Najmul Akhyar didampingi Kepala Dinas KPP KLU H. Nanang Matalata kembali menyerahkan bantuan berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 13 kelompok tani (poktan) Makmur Jaya di Dusun Gol Munjid Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan, Rabu (13/02/2020). Sekaligus meresmikan embung pertanian yang telah terbangun secara swakelola oleh masyarakat setempat.

Kepala DKPP KLU H. Nanang Matalata mengatakan pada sektor pertanian, anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah yang bersumber dari APBD maupun APBN telah mencapai angka Rp45 Miliar. Adapun alokasi dana tersebut difokuskan untuk pengembangan sarana dan prasarana seperti parit, saluran irigasi tersier, embung, asintan serta peningkatan kapasitas para kelompok tani.

“InsyaAllah kedepan ini terus kita tingkatkan,” ujarnya.

Berdasarkan program swasembada pangan pemerintah pusat dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional, pemerintah daerah telah ditargetkan untuk meningkatkan hasil pertanian sebesar 7,5% dengan angka ekspor sebanyak 3 kali pertahun.

“Ini satu target yang sangat sangat tinggi yang dibebankan oleh pemerintah pusat ke pemerintah provinsi dan kabupaten, oleh karenanya setiap tahun pemerintah pusat terus meningkatkan anggarannya untuk pemerintah provinsi maupun kabupaten” terangnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH menyampaikan bahwa bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah berupa alat dan mesin pertanian tersebut, merupakan salah satu wujud replikasi dari program pemerintah daerah untuk menciptakan 10.000 wirausaha muda baru di Lombok Utara.

“Kalau kita tukar atau kita bandingkan dengan program awal kita, kalau program awal target capaiannya hanya 10.000 wirausaha baru ternyata sekarang ini akses masyarakat yang menerima barang ini sudah melebihi 25.000 orang” tuturnya.

Berbicara tentang anggaran, H. Najmul Akhyar juga menjelaskan bahwa dana yang dikeluarkan pemerintah daerah sampai dengan saat ini telah melampaui target anggaran yang telah direncanakan sebelumnya yaitu sebesar 30 Miliar.

“Yang kita rencanakan itu adalah 30 Miliar, untuk 10.000 wirausaha muda baru, ternyata dengan memberikan barang ini di pertanian saja sudah lebih Rp45 Miliar yang sudah kita turunkan ke masyarakat, belum ditempat atau dinas-dinas lain” ungkapnya.

Melihat hal demikian, Orang nomer satu di Lombok Utara ini berharap kepada seluruh kelompok tani yang menerima bantuan, agar bisa merawat dan menjaga pemberian dari pemerintah daerah tersebut, sehingga apa yang telah mereka terima bisa dimanfaatkan dalam waktu yang cukup lama.

Atas bantuan yang telah diterima oleh para petani di Desa Karang Bajo tersebut, Hartono selaku ketua kelompok tani Makmur Jaya sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara.

(hs-klu/mn-07)



Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini