Mataram, MN – Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang telah digagas oleh pihak KPU sejak tiga tahun lalu dihajatkan sebagai ajang untuk transparansi dan pendidikan kepemiluan kepada masyarakat. Namun RPP yang selama ini berada di setiap kantor KPU baik di tingkat provinsi maupun kabupaten kota masih dalam bentuk manual.

Guna mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, maka RPP dibuat dalam bentuk digital. RPP Digital yang ada di KPUD NTB merupakan pilot projek dari 10 KPU se Indonesia.

Ketua KPU RI Arif Budiman mengatakan bahwa program RPP merupakan program yang sudah digagas oleh KPU sejak tiga tahun lalu dan RPP itu sudah ada di semua kantor KPU baik di provinsi maupun kabupaten kota.

“Karena perkembangan zaman dan teknologi, yang semula manual maka sekarang kita tingkatkan menjadi digital,” ucap Arif Budiman ketika meluncurkan RPP Digital di KPU NTB, di Mataram, Sabtu (15/2/2020).

Maka dari itu, menurut Arif, pada tahun ini pilot projek baru di 10 provinsi dan akan terus dikembangkan. “RPP ini sebagai bentuk transparansi dan pendidikan kepemiluan kepada masyarakat,” tegasnya.

Pihak Komisi Pemilihan Umum juga memiliki terobosan terkait dengan RPP karena tidak hanya dibangun di kantor kantor KPU namun juga di taman wisata.

Saat ini untuk pembentukan RPP di taman wisata baru di dua lokasi yaitu di Provinsi DIY dan Jatim Park.

Sementara itu Ketua KPU NTB Suhardi Soud mengatakan bahwa RPP yang saat ini diluncurkan, yang sebelumnya manual dan sekarang telah menjadi RPP digital.

“Dengan adanya RPP digital ini bisa mendekatkan stakeholder pemilu bahwa pemilu itu tidak jauh namun menjadi dekat,” ucapnya.

Dikatakannya bahwa masuknya KPU NTB sebagai salah satu dari 10 pilot projek RPP digital itu tidak mudah, namun karena pada pemilu kemaren kita dapat empat penghargaan (award) termasuk keterbukaan informasi.

Hadir dalam peluncuran RPP Digital KPU NTB, Deputi Tehnis dan Deputi Administrasi KPU RI, Bupati Lotim, Asisten II Setda NTB, Komisioner Bawaslu dan KPU NTB, KPU Kabupaten Kota se NTB, serta dari FKPD NTB.

Peluncuran ditandai dengan pemukulan gendang beleq oleh Ketua KPU RI didampingi oleh ketua KPU NTB dan Asisten II Setda NTB.

(mn-07)



Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini