Mataram, MN – Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Wilayah NTB Hamzan Wahyudi, SH., M.Kn., berhasil meraih gelar Doktor pada Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Hamzan Wahyudi berhasil mempertahan disertasi berjudul Pengkonstruksian Kerangka Hukum Bagi Penguatan Industri Halal di Indonesia, pada Ujian Disertasi Terbuka yang digelar Rabu, 26 Februari 2020, dihadapan Sembilan dewan penguji yang dipimpin Rektor Universitas Mataram Prof. H. Lalu Husni, SH., M.Hum

Maka dengan hasil ini, Hamzan Wahyudi kini berhak menyandang gelar doktor. Di samping itu, dia juga sekaligus telah mencatatkan namanya sebagai Doktor ke 22 di Program Studi Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Hamzan Wahyudi saat menyampaikan kesan-kesan usai ujian menyampaikan banyak terimakasih terhadap semua pihak yang berkontribusi dalam memberikan semangat guna merampungkan disertasil setebal 481 halaman itu.

Dituturkan Hamzan Wahyudi bahwasanya tidak mudah menyelesaikan studi doktoral tersebut. Banyak rintangan datang selama proses menyusun disertasi. Namun berkat dukungan moral keluarga terutama Istri dan anak, membuatnya bangkit dan mampu menyelesaikan studi yang amat menguras tenaga itu. Tentu kata dia, yang tidak kalah penting juga ialah berkat bimbingan para dosen pembimbing yang telah memberikan banyak ilmu selama masa bimbingan.

Sementara itu Prof. Dr, H. Zainal Asikin, SH., SU., selaku promotor mengingatkan agar Hamzan Wahyudi yang sudah resmi bergelar doktor untuk senantiasa menjaga nama baik almamater.

Dikatakan Zainal Asikin, gelar doktor yang disematkan pada seseorang sangatlah bermakna. Sehingga marwahnya haruslah tetap dijaga dengan baik pada sikap dan perilaku sehari-hari.

“Jaga nama baik almamater,” terang Zainal Asikin mengingatkan Ketua Pengwil INI NTB dua periode itu.

Rektor Unram Prof. H. Lalu Husni, SH., M.Hum., selaku pimpinan sidang pada kesempatan itu mengaku sangat bangga dengan apa yang telah diraih Program Studi Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukm Unram. Hal demikian mengingat dari waktu ke waktu jumlah lulusan pada program doktoral ini senantiasa bertambah.

“Sebagai pimpinan sidang saya memberikan ucapan selamat dan bangga sebagai doktor ke 22 di program ilmu hukum,” ujar mantan Dekan Fakultas Hukum ini.

Prof. Husni berharap agar gelar yang telah diraih Dr. Hamzan Wahyudi dapat bermanfaat bagi kemajuan daerah.

“Mudahan bermanfaat bagi daerah,” sambungnya.

Di samping itu, Prof. Husni juga mengingatkan tugas seorang doktor agar tidak berhenti setelah ujian disertasi. Melainkan di luar itu masih banyak tugas seorang doktor yang harus dikerjakan, terutama dalam hal pengembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan.

“Saya ingatkan bahwa tugas seorang doktor ialah mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya. Untuk itu terus kembangkan ilmu pengetahuan dan penelitian di jurnal. Terlebih Unram kini sudah punya banyak jurnal. Tulisan-tulisannya bisa dimasukkan ke dalam jurnal. Selamat kami sampaikan,” imbuhnya.

(mn-07)



Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !