MATARAMnews, (KSB) – Menjelang perampungan Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) tahun 2012, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Ir.W Musyafirin, mengingatkan Seluruh Dinas, Badan, Kantor untuk segera merampungkan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) masing-masing dalam waktu satu minggu ke-depan. Ini disampaikan pada saat pelaksanaan upacara bendera Senin (10/10/2011) di halaman kantor Bupati Garaha Firah.

“Satu minggu kedepan semua Kepala Dinas, Badan dan Kantor agar focus, bila perlu jangan meninggalkan daerah sebelum RKA masing-masing SKPD dirampungkan,” terangnya.

 

Diekankan, pengusulan Draf RKA yang di sampaikan ke Bappeda untuk di asistensi, diwajibkan kepada masing-masing Dinas, Badan, Kantor untuk dapat membuatkan Term Of Reference (TOR) atau kerangka acuan kerja, Hal itu mempermudah proses pembahasan anggaran di Pemerintah Daerah dalam menentukan Kebijakan Umum Plafon Penggunaan Aanggaran Sementara (KU PPAS) di tahun 2012.

“TOR akan menjadi pijakan karena, didalamnya tertera secara jelas jenis kegiatan yang akan di laksanakan selama satu tahun anggaran. Pembuatan program kerja bukan monopoli kepala dinas, Kepala Badan, Kabid, Kasi saja, tetapi staf pun di berikan ruang untuk dapat merancang program kerja, selama masih dalam tupoksinya,” urai Pirin sapaan akrab Pl.Sekda KSB.

Proses penyusunan TOR iu sendiri, dapat didiskusikan pada masing-masing tingkatan, mulai pengajuan oleh staf ke kepala Sub Bidang, baru ke kepala Bidang dan dituntaskan di Kepala Dinas/Badan masing-masing, hal itu dilakukan untuk mempermudah proses asistensi oleh Bappeda, “TOR akan mempermudah dan memeperlancar proses pembahasan di Pemerintah Daerah untuk di ajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” imbuh mantan Kepala Bappeda KSB.

Penyusunan TOR sambung dia, sebagai bentuk pertangungjawaban lembaga terhadap program kerja yang dilakukan, sehingga pada saat penentuan APBD nantinya, program-program yang dihasilkan dapat terlaksana dengan baik, dan tepat sasaran.

(Laporan : MS | Sumbawa Barat)