- advertisement -

Mataram, MN – Sebanyak 50 orang anggota panitia pemgawas pemilihan umum (panwaslu)kelurahan se Kota Mataram dilantik dan diambil sumpah janjinya. Setelah dilantik, panwaslu kelurahan akan bertugas dalam rangka pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwalkot) Mataram tahun 2020 ini.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji terhadap para petugas pengawas di 50 Kelurahan yang ada di Kota Mataram tersebut dilakukan oleh masing-masing ketua panitia pengawas kecamatan (panwascam).

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah disaksikan langsung oleh Ketua dan Komisioner Bawaslu Kota Mataram, Wali Kota Mataram yang diwakili oleh Asisten I Lalu Martawang, Waka Polres Mataram AKBP Erwin Suwondo SIK MIK, perwakilan Kodim 1606 Lobar Mayor Haris, Kepala Kesbangpol Kota Mataram dan perwakilan dari Kejaksaan Negeri Mataram serta para Panwascam dan PPK.

Ketua Bawaslu Kota Mataram Hasan Basri berpesan kepada para anggota panwaslu kelurahan yang baru dilantik dan diambil sumpahnya agar menjalankan tugas, fungsi dan wewenang sesuai dengan aturan Undang Undang yang berlaku.

“Pesan kami kepada para sahabat-sahabat yang baru dilantik agar dalam menjalan tugas fungsi dan wewenang mematuhi aturan yang berlaku,” pesan Hasan dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah panwaslu kelurahan se Kota Mataram, Sabtu (14/03/2020) pagi.

Hasan mengungkapkan bahwa pihaknya percaya terhadap para anggota panwaslu kelurahan yang baru dilantik bisa menjalan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku, karena proses pemilihan yang panjang dan selektif yang dilakukan oleh panwascam.

“Dalam menjalan tugas nanti kita di bawaslu punya motto adalah SIM-P, Soliditas tetap terjalin, Integritas harus menjalan fungsi dan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena itu saya percaya dalam menjalankan tugas ketika menemukan pelanggaran harus menegedepankan integritas, mentalitas dengan melihat kondisi dari para panwaslu secara mental sudah siap bekerja dalam keadaan apapun serta harus bekerja dengan profesional,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Mataram yang diwakili oleh Asisten I, Lalu Martawang mengucapkan selamat atas pelantikan dan selamat bekerja dan bertugas bagi anggota panwaslu kelurahan.

“Kami berharap kepada para panwaslu kelurahan agar melaksanakan tugas yang baik agar pilkada di Kota Mataran bisa berjalan sesuai dengan asas Luber (langsung bebas rahasia),” katanya.

Menurut Martawang, jika sudah melaksanakan tugas dengan baik, pilkada Kota Mataram bisa menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan demokrasi. Sehingga nanti pesta demokrasi di Kota Mataram bisa menjadi contoh bagi pemilu di Indonesia.

(mn-07)