Mataram, MN – Jumlah warga NTB yang terkonfurmasi positif terjangkit virus Covid-19 terus mengalami kenaikan. Sebelumnya ada 6 orang dinyatakan positif, satu meninggal dunia. Kini bertambah lagi sebanyak 1 orang positif Covid-19.

Satu orang warga lagi yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut berjenis kelamin laki-laki yang sedang mendapatkan perawatan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Kota Mataram.

Terkait hal tersebut seperti yang disampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Sekretaris Daerah (Sekda) selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi NTB Penanganan Covid-19, Drs. Lalu Gita Ariadi, M.Si menyebutkan bahwa hari ini sudah menerima hasil pemeriksaan swab ada satu orang PDP yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Pada hari ini telah terkonfirmasi 1 (satu) orang PDP Positif Covid-19,” terang Sekda NTB.

Lalu Gita menjelaskan , pasien yang terkonfirmasih Positif Covid-19 pertama, Tn. M, laki-laki, (59) tahun, merupakan warga Kota Mataram, beralamat di RT 03 Pengempel Indah Bertais Kota Mataram.

Pasien tersebut saat ini sedang menjalani perawatan di Ruang Isolasi RSUD Kota Mataram sejak 29 Maret 2020 dengan keluhan batuk dan sesak nafas.

“Pasien memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit dalam 14 hari terakhir, yakni pasien mengikuti kegiatan Tabligh Akbar di Makassar tanggal 21-24 Maret 2020,” ungkapnya.

Dimana pada tanggal 29 Maret 2020 pasien rujukan Puskesmas Cakranegara di jemput PSC 119 Jam 17.00 kemudian pasien di SWAB oleh Tim RSUD Provinsi NTB tanggal 30 Maret 2020, lalu tanggal 3 April 2020 konfirmasi positif dari Litbangkes Pusat.

“Saat ini pasien masih dirawat di Ruang Isolasi RS Kota Mataram dalam keadaan umum baik/stabil.,” tegasnya.

Selanjutnya, kata Sekda, guna Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan.

Diharapkan kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap tenang, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, serta mengurangi aktifitas di luar rumah.

Selain itu pemerintah provinsi juga menyediakan laman resmi Satgas Pemerintah Provinsi NTB Penanganan Covid-19 http://corona.ntbprov.go.id, Layanan Provincial Call Centre (PCC)
Penanganan Penyebaran Pandemik Covid-19 di NTB 0818 0211 8119.

(mn-07)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !