Dewi Noviany, S.Pd. M.Pd

Sumbawa, MN – Salah satu cara Dewi Noviany turut berperan aktif bersama dalam menangani pandemi Covid-19 adalah dengan memberikan informasi positif bagaimana mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Coronavirus desaise (Covid-19).

Berbagi tips untuk menjaga kesehatan mental ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan salah satu bentuk peran Srikandi Kabupaten Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd. M.Pd, untuk bersama-sama #SumbawaLawanKorona.

Dewi Noviany menyebutkan Psikosomatik (Pikiran Tubuh) adalah suatu kondisi atau gangguan ketika pemikiran mempengaruhi tubuh, hingga memicu munculnya keluhan fisik seperti stress, takut, atau depresi.

“Reaksi Psikosomatik dapat muncul karena media sosial, berita yang tidak akurat, terlalu banyak informasi, dan ketidakmampuan mengendalikan stress,” kata Dewi Noviany.

 

Gejala fisik yang sering terjadi akibat Psikosomatik ini, menurutnya, adalah tenggorokan gatal, sakit perut atau ulu hati, gemetar (tremor), jantung berdebar, tubuh meriang, sakit kepala dan migrain, bernafas dengan cepat, dan berkeringat.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan mental ditengah pandemi Covid-19 ini:

1. Menerima bahwa rasa tidak nyaman yang muncul adalah hal kewajaran.
2. Komuikasi dengan orang yang membuat warga nyaman.
3. Terapkan pola hidup sehat.
4. Pantau informasi perkembangan dari sumber yang tepat dan terpercaya.
5. Ketika ketidaknyamanan muncul alihkan dengan aktivitas menyenangkan.
6. Jangan merokok, jangan minum alkohol, jangan menggunakan narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman.
7. Jika tidak bisa lagi dikendalikan, segera berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog.

 

 

 

 

 

 





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !