Mataram, MN – Universitas Mataram (Unram) menjadi salah satu dari 74 perguruan tinggi negeri (PTN) yang ditunjuk sebagai Pusat UTBK oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dimana pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sekaligus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka sejak tanggal 2 Juni 2020 dan berakhir pada 20 Juni 2020 mendatang.

Untuk mendukung hal tersebut, Unram telah menyediakan lokasi tes, baik di pulau Lombok maupun di pulau Sumbawa.

Dengan adanya pembagian lokasi tersebut maka calon peserta UTBK perlu jeli dalam menentukan lokasi tes, dimana bagi calon peserta yang ingin melaksanakan tes di Mataram harus memilih pusat UTBK “Universitas Mataram – LomboK”, sedangkan untuk peserta yang ingin tes di Sumbawa memilih pusat UTBK “Universitas Mataram – Bima Sumbawa”.

“Dalam dua hari ini banyak calon peserta yang bertanya terkait dengan lokasi tes tersebut, ada peserta yang berdomisili di Lombok memilih lokasi tes di Sumbawa sementara calon peserta yang berdomisili di Sumbawa memilih lokasi tes di Lombok”, terang Humas Unram, Khairul Umam.

Karena itu menurutnya, calon peserta UTBK perlu jeli dalam melakukan pendaftaran, sebaiknya mempelajari dulu pedoman pendaftaran UTBK yang telah tersedia di laman unram.ac.id atau di Instagram Unram @officialunram atau mengakses laman LTMPT untuk mengetahui informasi lebih lengkap bahkan tersedia video tutorial pendaftaran UTBK, sehingga tidak terjadi kesalahan pada saat pendaftaran.

“Lokasi tes UTBK di Lombok nantinya akan di pusatkan di Universitas Mataram, adapun lokasi tes di Sumbawa akan digelar di 4 sekolah, yaitu SMKN 1 Sumbawa, SMKN 2 Sumbawa, SMKN 3 Sumbawa, dan SMAN 1 Sumbawa,” ungkapnya.

UTBK 2020 sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 12 Juli 2020, dimana setiap harinya akan diadakan 4 sesi tes, kecuali pada hari Jumat hanya akan diadakan 2 sesi tes, sehingga total terdapat 30 sesi tes.

“Pelaksanaan UTBK 2020 akan menerapkan Protokol Covid-19, seperti jarak antar peserta UTBK minimal 1,5 meter dan diwajibkan menggunakan masker,” pungkasnya.

(mn-07)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !