Salah satu anggota Komunitas Sabua Ra'a Ndai Mbojo (SRNM) Dompu, mengibarkan bendera di pucak Gunung Salunga

Dompu, MN – Komunitas Sabua Ra’a Ndai Mbojo Dompu, berhasil merintis jalur pendakian Gunung Salunga, dengan mengibarkan bendera di puncak Gunung Salunga yang memiliki keindahan alam memukau.

“Kami dari komunitas Sabua Ra’a, sedikit demi sedikit telah merintis jalur pendakian dan mengibarkan bendera Sabua Ra’a di puncak gunung Salunga,” kata Iah, salah satu anggota SRNM DPC Kabupaten Dompu, kepada mataramnews.co.id, Minggu (7/6/2020).

Iah menjelaskan, jalur pendakian Gunung Salunga dibuka di Desa Kareke, Kecamatan Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurutnya, bagi para pecinta alam yang ingin mencoba mendaki Gunung Salunga diharuskan membawa air untuk kebutuhan selama pendakian, sebeb kata dia, di puncak gunung tidak ada mata air, hanya ada di kaki gunung.

“Trek rintangannya sangat menguras tenaga,” ujarnya.

Meskipun Gunung Salunga tidak terlalu tinggi, namun menurut dia, memiliki daya tarik tersendiri, banyak keunikan dan keindahan alam yang memukau di puncak gunung, serta bisa melihat seluruh kota Dompu.

Gunung Salunga atau Doro Salunga (bahasa Bima, red), gunung yang menyerupai tumpeng. Bagi masyarakat Suku Mbojo atau lebih khususnya masyarakat Kabupaten Dompu, Gunung Salunga memiliki nilai historis, konon salah satu seorang penyebar agama Islam yaitu Syekh Mahdali mengelilingi gunung Salunga dalam misi penyebaran agama Islam.

Sementara itu selain merintis jalur pendakian Gunung Salunga, Komunitas Sabua Ra’a juga siap untuk menemani atau mengantar para pendaki yang ingin mencoba tantangan Gunung Salunga.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin mencoba tantangan jalur pendakian Gunung Salunga, Komunitas Sabua Ra’a membuka hotline di nomor 0853-3844-0409 (Salmin), 0853-3870-9093 (Junaidin), 0852-0526-7232 (Rangga), 0823-4199-6432 (Dae Sao).

“Kami siap kapan saja dan harap mengkofirmasi sehari sebelum mendaki untuk persiapan,” katanya.

(mn-10)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !