Anggota DPRD Lombok Barat dari PKB, Hendra Harianto
- advertisement -

Lombok Barat, MN – Anggota DPRD Lombok Barat dari PKB, Hendra Harianto mengusulkan kepada Pemkab Lombok Barat (Lobar) untuk memberikan keringanan dengan menggeratiskan surat keterangan (suket) sehat melalui Rapid Tes dan Swab Test bagi warga masyarakat atau pun mahasiswa dari Lombok Barat yang akan bepergian.

“Ini (Biaya Rapid dan Swab Test mahal) akan menjadi keluhan bagi masyarakat disaat diterapkannya kehidupan baru atau new normal di Lombok Barat,” kata Hendra, Senin (8/6/2020).

Menurut Ketua GP Ansor Lombok Barat ini, mengingat masyarakat atau pun mahasiswa dari Lombok Barat yang akan bepergian harus mengantongi surat keterangan sehat melalui Rapid atau Swab Test, maka diperlukan kebijakan Pemkab untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dengan memberikan gratis biaya suket (surat kesehatan) tersebut.

“Kami mengusulkan kepada pemerintah daerah di Lombok Barat untuk menggratiskan masyarakat yang akan membuat surat keterangan sehat, karena melihat kondisi ditengah masyarakat pada tingkat perekonomiannya, dimana untuk membuat surat keterangan tersebut harus mengikuti prosedur atau tahapan di rumah sakit dan juga masyarakat harus mengeluarkan biaya sendiri untuk pilihan di rapid tes ataupun di sweb PCR,” ujarnya.

Oleh karena itu, tandas Hendra, pemerintah harus gratiskan suket tersebut untuk masyarakat Lombok Barat yang akan bepergian.

“Ini bukan soal mampu atau tidak mampu pemerintah daerah tapi niat dan keinginan untuk kita sama-sama membantu masyarakat. Apalagi dalam hidup normal baru yang sudah mulai direncanakan pemerintah provinsi dan kabupaten. Kami mendorong untuk Pemkab Lombok Barat agar menggratiskan masyarakat dalam pembuatan surat keterangan sehat melalui rapid tes atau sweb test,” tandasnya.

(mn-05)