- advertisement -

Lombok Tengah, MN – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Mandalika  Lombok, NTB, bersama Badan Nasional Pencaria Pertolongan (Badan SAR Nasional/BASARNAS), memperkuat layanan Search and Rescue (SAR) yang bertempat di Bala Wisata Tirta (Balawista), Kuta Beach Park, The Mandalika melalui penambahan perlengkapan pencarian dan pertolongan.

Penambahan perlengkapan tersebut disampaikan hari ini oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Mataram yang diwakili Kepala Sub Bagian Umum Heriyanto didampingi Kepala Seksi Sumber Daya Pencarian dan Pertolongan A.A Ketut Alit Supartana, dan Koordinator Pos Siaga Kuta Mandalika Ahmad Irsan.

Perlengkapan yang diberikan berupa 1 (satu) unit Jetski dan 1 (satu) unit All Terrain Vehicle
(ATV) 6 roda siap pakai, yang akan mempermudah tim SAR dalam melakukan proses penyelamatan di area pantai dan sekitarnya apabila terjadi kecelakaan.

“Kami menyambut baik kesiapsiagaan BASARNAS dalam memberikan dukungan kepada Tim SAR berupa penambahan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pertolongan di area The Mandalika. Kegiatan ini juga merupakan hasil koordinasi kami bersama tim BASARNAS secara intens yang merupakan upaya kami dalam memperkuat
mitigasi bencana di The Mandalika memasuki fase New Normal,” kata Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka.

Sebelumnya sejak akhir Juni lalu, sebanyak 6 (enam) orang personil SAR terlatih telah ditugaskan untuk siaga dalam menyediakan layanan pertolongan di Balawista, Kuta Beach Park, The Mandalika. Keenam personil tersebut dilengkapi dengan peralatan SAR Laut antara lain: 1 (satu) unit rubber boat, 1 (satu) unit sepeda motor KLX, 2 (dua) buah ring buoy, 6 (enam) buah life jacket, 1 (satu) buah torpedo buoy, 1 (satu) buah dolphin spinal board, 4 (empat) buah palbed.

Sinergi ITDC dan Basarnas dalam menyediakan layanan SAR di The Mandalika merupakan bagian dari pro gram BASARNAS dalam mendukung pengembangan kawasan pariwisata The Mandalika,” Berharap sinergi ini dapat memperkuat sistem dan prosedur mitigasi bencana yang disiapkan di ka wasan The Mandalika oleh ITDC.

“Melalui kerjasama ini, kami harap dapat memfasilitasi kawasan pari wisata ini dengan kelengkapan mitigasi terpadu mengingat The Mandalika akan dibuka kembali untuk
umum. Disamping itu, wisatawan yang mengunjungi The Mandalika akan merasa lebih aman dan nyaman melaksanakan akitivitasnya dengan adanya penguatan pada pos layanan SAR,” tutup Karioka.

(mn-07)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !