H. Ruslan Efendi, Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram (kanan) dalam rapat persiapan MTQ/MFQ

Mataram, MATARAMnews – Musabbaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabbaqoh Fahmil Quran (MFQ) pelajar tingkat Kota Mataram dimulai tanggal 11-12 Juli 2012 di lapangan Karang Pule, Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Pernyataan tersebut dilontarkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, H. Ruslan Efendi dalam rapat persiapan MTQ/MFQ bersama SKPD terkait di ruang kenari lingkup kantor Walikota Mataram, Senin (2/7/2012).

Sebelum dimulai lanjutnya, kegiatan MTQ/MFQ pelajar tingkat Kota Mataram diawali dengan pawai ta’aruf pada pukul 14.00 Wita tanggal 11 Juli 2012 yang akan melibatkan semua pelajar se Kota Mataram, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda di Kota Mataram. Pawai ta’aruf dengan menempuh jarak sekitar 2,5 kilo meter dimulai dari depan Taman Rekreasi Loang Baloq (TRLB) dan finish di pusat kegiatan MTQ/MFQ.

”Untuk menggugah semangat peserta pawai ta’aruf, pihak panitia akan melombakan setiap kafilah yang ikut ambil bagian dalam pawai tersebut,” katanya lagi.

Lebih jauh H. Ruslan Efendi mengatakan, kegiatan MTQ/MFQ pelajar tingkat Kota Mataram bertujuan untuk mencari bibit-bibit Qori-Qoriah yang akan menjadi wakil Kota Mataram ke jenjang propinsi dan hingga tingkat nasional.

Terkait dengan itu guna mensukseskan kegiatan tersebut diharapkan semua SKPD terkait dapat memberikan dukungan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Misalnya, Dinas Kesehatan menyediakan pelayanan kesehatan selama kegiatan berlangsung, Dinas Pertamanan terkait dengan penerangan, penataan panggung, dekorasi dan penataan lapangan, Dinas Pekerjaan Umum menyediakan WC mobail dan genzet, Dinas Perhubungan membantu kelancaran arus lalu lintas.    

Dalam rapat persiapan MTQ/MFQ pelajar  pada 26 Mei 2012 lalu yang dihadiri Sekda Kota Mataram Ir.HL. Makmur Said MM mengatakan, MTQ/MFQ merupakan salah satu program yang membanggakan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram dan sejalan dengan moto Kota Mataram yang Maju, Religus dan Berbudaya.

Sekda menilai program MTQ/MFQ tingkat pelajar merupakan program khusus spiritual  yang tentunya di daerah-daerah lain memiliki banyak pondok pesantren  sehingga lebih fokus melaksanakan program-program tersebut. “ Dengan demikian program ini sangat membanggakan bagi Kota Mataram,” katanya lagi.

(KO-NLP)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !