Mataram, MATARAMnews – Sebanyak 50 Kelompok Masyarakat Ekonomi Lemah di Kota Mataram menerima bantuan modal usaha dari Pemerintah Kota Mataram. selain memberikan bantuan modal, Pemrintah Kota Mataram juga memberikan pelatihan terhadap kelompok usaha berbasis keluarga.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mataram, H. Syaiful Mukmin menyebutkan, kelompok masyarakat (pokmas) ini diharapkan dapat memanfaatkan bantuan modal usaha yang digelontorkan Pemkot Mataram sebesar 150 juta rupiah pada tahun 2012. Tiap kelompok lanjutnya, akan menerima 3 juta rupiah yang akan dicairkan melalui Bank NTB. Selain menerima bantuan, kelompok usaha masyarakat juga menerima pelatihan dari pihak Perbankan dalam upaya peningkatan kapasitas pengelolaan kelompok.

Sementara itu, Walikota Mataram melalui Asisten Administrasi Umum, Makmun, SH, MM menyebutkan, upaya Pemerintah Kota Mataram dalam menurunkan angka kemiskinan terbukti dengan sejumlah program pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi lokal termasuk melalui program pemberian modal usaha yang dilakukan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat. Berdasarkan data, Kota Mataram telah berhasil menekan angka kemiskinan sebesar 3 persen pada tahun 2011 dan telah mengurangi angka pengangguran terbuka.

Selain itu, pihaknya juga meminta kalangan perbankan dan lembaga keuangan lainnya untuk dapat memberikan akses permodalan bagi calon wirausaha baru khususnya yang ada di Kota Mataram.

(KO-LNP-HUMAS)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !