Lombok Tengah, MN – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menggelar shalat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Agung Praya Jumat (31/7/2020). Perayaan Idul Adha tahun ini sangat berbeda, pelaksanaan shalat berjemaah tetap memakai protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Dalam sambutan Bupati Lombok Tengah yang dibacakan Wakil Bupati HL Pathul Bahri SIP mengatakan, wabah virus corona atau covid-19 telah merubah banyak hal dalam kehidupan saat ini, terlebih tahun ini pelaksanaan ibadah haji terpaksa ditunda.

“Kepada keluarga besar masyarakat Lombok Tengah, kami menghimbau untuk tetap waspada terhadap penyebaran virus corona. Semua ini merupakan ketetapan Allah SWT. Masyarakat Lombok Tengah jangan pernah bersedih, jangan berkecil hati, insyaAllah ada hikmah besar dibalik peristiwa ini yang telah Allah tetapkan bagi kita,” ucap Wabup Pathul.

Memasuki era tatanan kehidupan baru akibat pandemi, tetap selalu jaga kebersihan, jaga kesehatan, jaga aktivitas, jaga jarak, dan tetap menggunakan masker.

“Kami juga mengajak masyakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, selalu menjaga kondisi keamanan lingkungan kita masing-masing. Persatuan dan kesatuan, keamanan dan kondusifitas daerah adalah modal utama untuk terus melakukan pembangunan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Pathul mengingatkan bahwa memasuki perhelatan demokrasi, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah selalu menjaga nilai-nilai persaudaraan, jangan sampai karena perbedaan pilihan membuat terpecah belah.

“Kita telah cukup dewasa mengikuti even politik di tanah air. Kami yakin masyarakat Lombok Tengah dapat melalui pilkada mendatang dengan aman dan tentram, serta dapat memberikan pilihan terbaiknya,” katanya.

“Permohonan maaf kami sedalam-dalamnya kepada masyarakat, atas segala kekurangan dalam menjalankan amanah menjadi khadam warga Lombok Tengah. Akhirnya, saya atas nama pribadi, keluarga, masyarakat dan seluruh pelayan masyarakat kabupaten Lombok Tengah, mengucapkan selamat hari raya idul adha 10 dzulhijjah 1441 hijriyah,” ucapnya.

Pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid Agung Praya berjalan lancar terlihat jamaah patuh terhadap protokoler kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak shaf sholat.

Tahun ini Pemerintah Daerah Lombok Tengah menyalurkan 48 sapi dan 1 kambing hewan kurban yang disalurkan merata ke masyarakat Lombok Tengah.

(mn-08)