MATARAMNEWS.CO.ID, Lombok Utara – Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) Dr H Najmul Akhyar SH MH lantik dan sumpah 66 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 10 desa definitif KLU. Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Bupati KLU, Kamis (14/1/2021).

Bupati Najmul mengatakan, lahirnya UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa telah memberikan pengakuan eksistensi desa atas atonomi murni dengan ciri keberagaman yang hidup dan tumbuh dalam masyarakat serta dapat mendorong kelestarian adat budaya yang hidup di tengah-tengah desa. Selain itu pula, mendorong prakarsa untuk mengembangkan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Pemerintahan desa yang efisien dan efektif serta bertanggung jawab, dapat meningkatkan pelayanan publik bagi warganya, meningkatkan pelayanan umum serta meningkatkan perekonomian masyarakat serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

“Desa mempunyai kewenangan berskala lokal dengan mengambil keputusan melalui mekanismenya untuk bekerja sama antar lembaga, antar desa,” kata Bupati Najmul.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, BPD merupakan lembaga desa yang strategis, baik kedudukan dan fungsinya sebagai legislatif di tingkat desa sehingga hendaknya dapat meningkatkan peran aktif masyarakat serta fungsi utamanya dalam rangka menyusun produk legislasi hukum di desa.

“Oleh karena itu, sebagai anggota BPD yang merupakan hasil keputusan secara musyawarah, masyarakat desa harus mampu mengemban tugas pembangunan masyarakat desa. Mari satukan tekad dan langkah membangun bersama seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang latar belakang dan status sosialnya,” ujarnya.