MATARAMNEWS.CO.ID, Mataram — Polresta Mataram dengan menggandeng Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Mataram, sukses melaksanakan rapid tes antigen massal di Lombok Epicentrum Mall, pada Sabtu malam (16/01/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi, dilakukan dalam upaya menekan penyebaran Virus Covid-19 di Kota Mataram.

Sesuai dengan yang direncanakan, rapid tes antigen dilakukan secara acak terhadap pengunjung Mall.

Dalam kesempatan tersebut,pihak RSUD Kota Mataram menyiapkan sebanyak 30 alat rapid tes dan habis digunakan.

Dimana 25 alat digunakan untuk pengunjung dan karyawan Lombok Mall dan 5 rapid tes lagi digunakan untuk anggota kepolisian yang berminat.

‘’Alhamdulillah kita bersyukur rapid antigen massal ini sukses kita laksanakan di pusat perbelanjaan. Ini bagian dari upaya kita menekan penyebaran Covid-19 di Kota Mataram,’’ ungkap Kapolresta Mataram.

Baca Juga:  Awas Minyak Goreng Kemasan Ilegal, Pemilik Ditetapkan Sebagai Tersangka

Menurutnya, untuk hasilnya diserahkan sepenuhnya dan menjadi kewenangan tim medis.

“Jika hasilnya ada yang positif. Tim medis langsung menghubungi dan diminta segera melaksanakan swab tes di RSUD Kota Mataram, kalau ada yang positif akan dihubungi untuk swab ulang di rumah sakit. Nanti rumah sakit yang putuskan apakah melaksanakan isolasi mandiri atau rawat inap,’’ bebernya.

Selain untuk menekan penyebaran Covid-19. Rapid Antigen kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari upaya mengedukasi masyarakat agar masyarakat tetap tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

“Karena yang paling penting sekarang adalah tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita sekarang masih di masa pandemi yang belum berakhir,’’ katanya.

Baca Juga:  Kota Mataram Siap Jadi Tuan Rumah Festival Qasidah Nasional

Rapid antigen dimulai pukul 19.00 wita diawali dengan apel gelar pasukan Diikuti oleh ratusan personel Polresta Mataram dan TNI serta Satpol PP Kota Mataram.

Kedepan kegiatan serupa masih dilaksanakan,‘’ Kita akan laksanakan di perkantoran, pasar dan pusat perbelanjaan lainnya,termasuk juga di tempat hiburan. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Mataram untuk pelaksanaannya,’’ katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Mataram, dr HL Herman Mahaputra menyambut baik dan antusias dengan kegiatan rapid antigen yang diinisiasi Polresta Mataram tersebut. ‘

“Kami siap mendukung dengan menyiapkan peralatan dan personel untuk rapid antigen ini. Dibeberapa lokasi lainnya masih akan dilaksanakan,’’ katanya.

(mn-07)