MATARAMnews – Ratusan pelayat menghadiri acara pemakaman Dra. Hj. Sarkiah, Kepala Bidang Litbang Bappeda Kota Mataram, Minggu (16/10/2011) di Pemakaman Umum Karang Mas Mas, Lingkungan Karang Kelok, Mataram.  Almarhumah meninggal dunia di Rumah Sakit Graha Amerta Dr. Soetomo Surabaya, Sabtu (15/10/22011) dini hari pk. 00.15 Wib.

{xtypo_info}FOTO: Proses pemakaman almarhumah Dra. Hj. Sarkiah{/xtypo_info}

Hadir diantara ratusan pelayat, Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh, Ketua DPRD Kota Mataram, HM Zaini, Ketua TP PKK Kota Mataram, Hj Suryani Ahyar Abduh, Sekda Kota Mataram HL Makmur Said, sejumlah Kepala SKPD Pemkot Mataram, para Tuan Guru dan Tokoh Masyarakat, Pengurus TP PKK Kota Mataram dan sejumlah Organisasi lain, para PNS, Alumni dan Pengajar SMAN 1 Mataram, serta ratusan masyarakat dalam suasana duka.

Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh dalam sambutannya mengatakan bahwa almarhumah patut menjadi contoh bagi keluarga besar jajaran Pemkot dan Korpri Kota Mataram. “Selama mengabdi sebagai abdi negara, tidak ada yang saya dengar tidak baik tentang almarhumah,” kata Walikota Mataram.

Dijelaskannya, dalam 17 tahun bekerja, almarhumah  tidak pernah mengeluh dan selalu siap untuk melaksanakan setiap tugas, bahkan pada saat 4 tahun yang lalu mulai digerogoti sakit. “Ini tentu sebuah pengabdian yang jawabannya akan dapat pahala dari Allah Swt,” ujar H. Ahyar Abduh.

“Keluarga dan semua sanak saudara handai taulan sudah berikhtiar tapi sekuat-kuatnya manusia berusaha tidak dapat merobek takdir Allah Swt,” katanya.

Kemarin tidak kurang dari 50 kendaraan mengiringi kedatangan jenasah dari Bandara International Lombok menuju rumah duka, yang terus menerus dipenuhi pelayat hingga saat ini di pemakaman. “Artinya inilah orang baik dan dicintai, mari kita contoh hubungan silaturahimnya yang sangat baik serta kinerjanya yang penuh tanggung jawab dalam bekerja,” kata Walikota Mataram.

Pembacaan Talqin dan do’a dibimbing TGH Ulul Azmi. Sementara dalam takziyah yang disampaikan Drs. TGH Hazmi Hamzar, Pimpinan Ponpes Al Marakit Taklimat Mamben Lombok Timur yang juga anggota DPRD Propinsi NTB, dikatakan bahwa doa yang dipanjatkan merupakan amanat dan wasiat kepada seluruh umat Islam untuk selalu bertaqwa, sebagimana firman Allah “bertaqwalah kamu dengan sebenar-benarnya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan berserah diri kepada Allah Swt”.

Atas nama keluarga, Tuan Guru juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas segala bantuan kepada almarhumah, mulai sejak sakit hingga dimakamkan. Pihaknya memohon keikhlasan untuk memaafkan segala kesalahan almarhum. Dengan memaafkan sesama maka Allah Swt akan mengampuni dosa-dosanya. ”Dan ini membuat kita menjadi lebih mulia,” ujar Tuan Guru Hazmi Hamzar.

Dikatakannya, banyak kematian yang tidak memberikan tanda-tanda sedikitpun. Kematian adalah rahasia dan dirahasiakan Allah Swt agar manusia tidak penuh kepura-puraan dalam melaksanakan ibadah. Secinta apapun terhadap sesama tidak boleh melebihi cinta kepada Allah dan Rasulullah SAW. Cinta kepada Allah dan Rasulullah SAW adalah segala-galanya.

Almarhumah Dra Hj Sarkiah, diangkat menjadi PNS tahun 1994. Sebelum menjadi Kabid Litbang Bappeda Kota Mataram hingga akhir hayatnya, Dra. Hj Sarkiah pernah menjabat Kepala Seksi Humas Kantor Inkom Kota Mataram (Januari 2005- Agustus 2007) dan Kasubag Perencanaan Dispenda (April 2002-Januari 2005). Selain menjabat struktural, ia juga aktif sebagai pengurus organisasi,. Diantaranya, organisasi TP PKK Kota Mataram, Dekranasda Kota Mataram, PRSI Kota Mataram, Harpi Melati NTB dan lainnya. Almarhumah meninggalkan seorang suami H. Masbuhin SIP dan 2 putri, Anita Ade Ranggi serta Sharin Umratul Mahmudah. Selamat Jalan Istri, Ibu, Mama, Saudara, Sahabat, dan Rekan Kerjaku tercinta, do’a kami menyertai kepergianmu, beristirahatlah dengan tenang, semoga mendapat tempat yang layak di sisi Allah Swt. Amin.

(Rilis Humas Pemkot Mataram:  Tina/Foto dokumen keluarga)