Pelaku curanmor antar pulau diamankan Polsek Ampenan

Mataram, MATARAMnews – Polisi kembali berhasil ringkus pelaku pencurian sepeda motor, kali ini  pelakunya diduga sebagai jaringan pencuri sepeda motor antar pulau. Tidak kurang lima orang yang diduga sebagai jaringan antar pulau tersebut berhasil diamankan dalam penangkapan yang dilakukan di wilayah Kecamatan Alas, Sumbawa, pada Senin (6/8/2012) kemarin.

Kelima orang yang diamankan tersebut mempunyai peran masing-masing, mulai  sebagai pelaku, penadah bahkan hingga sebagai perantara. Mereka yang diamankan masing-masing, Dedi  Apriadi (23), Juli Saputra (23), Abdul Haris (24), Baharudin (25) mereka warga Sumbawa dan Lalu Heriyanto warga Dasan Cermen Mataram.

Dari tangan kelimanya berhasil diamankan barang bukti berupa dua unit sepeda motor jenis Vario dan Mio Soul yang merupakan hasil curian ditempat kos-kosan di wilayah Gang Pesut Jalan Arya Banjar Getas, Ampenan, pada Sabtu (4/8/2012) jam 02.00 dini hari.

Satu dari lima orang yang berhasil diringkus tersebut masih berstatus sebagai mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di Kota Mataram.

Kapolres Mataram melalui Kapolsek Ampenan, Kompol Eko Supriadi,menjelaskan bahwa penangkapan kelima orang tersebut dilakukan oleh Polres Sumbawa dan penanganannya diserahkan ke Polsek Ampenan karena TKPnya di Polsek Ampenan.

Menurut Eko,bahwa masih ada rekan para pelaku ini yang belum berhasil diringkus, karena itu pihaknya terus melakukan pengejaran. “Masih ada tiga orang yang belum diamankan termasuk 1 orang sebagai pemetiknya,” katanya ketika ditemui, Rabu (8/8/2012) pagi.

Dikatakannya, para pelaku tersebut diamankan sesaat setelah menjual motor hasil kejahatannya di Alas. Para pelaku ini  sebelum beraksi terlebih dahulu mensurvai lokasi yang akan dijadikan target.

“Yang merencanakan aksi ini Juli Saputra,” terangnya. Dimana Juli Saputra mengajak Lalu Heriyanto melakukan aksi pencurian motor setelah sebelumnya melakukan survai lokasi dibantu seorang rekannya berinisial Gl (DPO).

Setelah melakukan mendapatkan kos yang akan dijadikan sasaran ketiga mendatangi kos rekannya yang lain berinisil Cp yang berada di Jalan Swasembada Kekalik. Selanjutnya, mereka berempat menuju tempat target Gang Pesut Ampenan.

Lalu Heriyanto berboncengan dengan Juli Saputra kemudian Cp bersama Gl yang sampai saat ini keduanya belum berhasil diamankan. “Di TKP yang masuk Lalu Heriyanto kemudian  diserahkan ke Juli,” terangnya lagi.

Setelah berhasil menggondol dua motor yang berada di lokasi tersebut, kemudian mereka langsung membawa dua motor tersebut ketempat kos yang ditempati Cp untuk disimpan sebelum dibawah ke Sumbawa.

Untuk menyeberangkan kedua motor tersebut mereka tidak kesulitan karena dibantu oleh rekannya yang berada di pelabuhan.

Setibanya di Alas kemudian, Juli Saputra dan Dedi  menjual sepeda motor tersebut kepada Abdul Haris melalui  perantara Kaharudin. “Mereka ditangkap saat akan menjual Mio Soul,” pungkas mantan Kabag Ops Polres Sumbawa tersebut.

Sementara itu, menurut pengakuan pelaku pada polisi, mereka menjual Vario tersebut seharga Rp 2 juta.  Sedangkan dari hasil keterangan dari pengakuan Lalu Heriyanto mengaku sudah enam  kali melakukan aksi pencurian dan Juli Saputra empat kali serta Dedi sudah dua kali.





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !