Pasangan AMAN (H. Ahyar Abduh dan H. Mohan Roliskana) serahkan bantuan kepada anak yatim

Mataram, MATARAMnews – Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh bersama Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, Kamis (10/8/2012) petang menyerahkan santunan kepada 100 anak yatim Kota Mataram di Musolla Siti Aisyah lingkup kantor Walikota Mataram. Kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Pemerintah Kota Mataram selama bulan Ramadhan sekaligus tasyakuran dua tahun kepemimpinan AMAN (H. Ahyar Abduh dan H. Mohan Roliskana).

Kegiatan pemberian bingkisan dan santunan merupakan kerjasama Pemkot Mataram dengan Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Mataram, dirangkaikan dengan kegiatan buka bersama yang dihadiri semua kepala SKPD Lingkup Pemkot Mataram. Santunan ini merupakan bentuk perhatian Pemkot Mataram, dan diharapkan dapat dimanfaatkan serta menjadi tali silaturrahim antara masyarakat dengan pemerintah Kota Mataram.

Pada sambutannya, Walikota Mataram mengatakan tanggung jawab dunia dan akhirat selama  dua tahun kepemimpinan AMAN begitu berat. Namun hal itu menjadi tantangan bagi AMAN untuk melebur dan menyatu dengan semua masyarakat demi mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat. “Kami sudah bertekat mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi Kota Mataram, bersama dengan perangkat yang ada serta dukungan masyarakat,” katanya.

Realita selama dua tahun kepemimpinan AMAN sangat jelas. Walikota mengungkapkan, peningkatan APBD yang bersumber dari dana-dana Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Pusat. “Bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mataram  di tahun 2010  Rp 65 miliar, kini pada tahun 2011 menembus angka Rp83 miliar,” tegasnya.

Keberhasilan ini tentunya bukan hanya kerja aparat pemerintah semata, melainkan karena dukungan dari masyarakat yang telah mampu menjaga keamanan dan kondusifitas di Kota Mataram, sehingga iklim investasi di Kota Mataram tumbuh dengan subur. “AMAN berkomitmen akan berbuat untuk masyarakat,” katanya mengakhiri.  

Sebelumnya Ketua Bazda Kota Mataram, H. Mahsar Malaca mengatakan, total santunan yang diberikan kepada anak yatim tersebut sebesar Rp 10 juta, karena masing-masing anak mendapatkan Rp 100 ribu. Kegiatan ini merupakan salah satu program Bazda Kota Mataram  di bulan Ramadhan 1433 hijriyah. “Pada bulan Ramadhan Bazda mengeluarkan dana sekitar Rp. 600 – 700 juta untuk penyaluran bantuan dan santunan ramadhan, yang bersumber dari muzaki di Kota Mataram,” katanya.

Dari anggaran tersebut dialokasikan untuk penyerahan santunan kepada 5.000 orang fakir miskin. Masing-masing kelurahan 100 orang dengan total bantuan Rp250 juta. Selanjutnya bantuan untuk marbot masjid sekitar 225 orang masing-masing mendapat Rp200 ribu, sehingga total bantuan yang akan diserahkan Rp 45 juta. Bantuan juga diberikan kepada lembaga TPA/TPQ  yang sudah memiliki ijin operasional masing-masing Rp 1 juta dan yang belum berijin Rp500 ribu.

Di samping itu juga diserahkan bantuan kepada sekitar 850 orang tenaga kebersihan dari Dinas PU, Pertamanan dan Kebersihan, total anggaran Rp 850 juta. Petugas cleaning service dan penjaga kantor camat dan kantor lurah juga mendapat bantuan dalam bentuk paket sembako yang akan dititip melalui kegiatan Dharma Wanita dengan anggaran Rp 10 juta. Bazda juga  menyalurkan bantuan  kepada semua penjaga sekolah negeri swasta se Kota Mataram, masing-masing Rp 100 ribu. Selanjutnya santunan kepada muallaf melalui Lembaga Pembinaan Muallaf (LPM) disediakan anggaran Rp 20 juta.

“Kami juga berencana memberikan bantuan untuk pembangunan masjid dan musholla sebesar Rp25 juta. Serta bantuan operasi pembuatan lubang anus seorang anak dari Kelurahan Dasan Agung untuk operasi di RS Sanglah Denpasar,” papar H. Mahsar.


(KON/LN/Humas Pemkot Mataram)





Unduh versi Android situs berita Mataram News DISINI !