Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, meninjau persiapan pelaku UMKM di Kawasan KEK Mandalika Lombok Tengah.

LOMBOK TENGAH– Menyambut gelaran akbar dunia World Superbike dan MotoGP, Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. mendampingi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, meninjau persiapan pelaku UMKM di Kawasan KEK Mandalika Lombok Tengah.

Dalam kunjungan kerjanya selama 2 hari, Moeldoko juga ingin memastikan keberadaan Sirkuit Mandalika memiliki manfaat untuk lingkungan sekitar. Pemerintah daerah dan ITDC harus bersinergi, menyiapkan UMKM sebaik-baiknya. Terakomodasi dengan baik, dan bahkan sudah terbangun komunikasi dengan Mandalika Grand Prix Associatio (MGPA).

Baca Juga:  Konektifitas Darat Laut dan Udara Jelang MotoGP Segera Dipercepat Pusat

“Pembangunan Sirkuit Mandalika harus memiliki multiefek untuk masyarakat di lingkar KEK Mandalika,” kata purnawirawan TNI ini saat berdialog dengan pelaku UMKM, Senin (7/6/2021).

Agar UMKM dilatih memahami bahwa produk-produk seperti souvenir atau oleh-oleh produk lokal dimasukan simbol sebagai ciri khas even internasional MotoGP.

Selain itu, UMKM ini juga harus dilakukan pendampingan-pendampingan, supaya produknya memiliki peningkatan kualitas.

Termasuk dapat membaca pasar, apa yang menjadi keinginan konsumen yang akan hadir mengunjungi NTB pada event Internasional MotoGP.

Baca Juga:  Bangkitkan Ekonomi KLU, Pemerintahan Djohan-Danny Komitmen Aktifkan UMKM

Apalagi sudah disiapkan 303 outlet untuk UMKM, termasuk fasilitas seperti Masjid dibangun sekitar stand untuk UMKM.

Senada dengan Muldoko, Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan kehadiran MotoGP membuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat turut berkembang dan dapat menggerakan sector ekonomi.

“Pemerintah provinsi terus fokus melakukan penguatan UMKM,” tutur Bang Zul.

Ia menyebutkan terdapat lebih dari 5.000 UMKM dengan berbagai produk lokal yang terus berkembang dan kompetitif.

(diskominfotik-ntb/mn-07)