Walikota : “JCH Jangan Terlalu Banyak Tidur dan Merokok”

MATARAMnews – Ibadah haji merupakan ibadah fisik, karena itu Jamaah Calon Haji (JCH) harus mampu menjaga kesehatan. “Jangan terlalu banyak tidur, kurangi rokok bila perlu berhenti merokok,” kata Walikota Mataram H.Ahyar Abduh saat melepas 445 JCH kloter 43 yang merupakan kloter utuh bagi jamaah asal Kota Mataram di halaman Kantor Walikota Mataram, Senin (17/10/2011). Selain meminta jamaah menjaga kesehatan, Walikota juga berpesan agar jamaah mengingat-ingat manasik yang telah diberikan untuk kesempurnaan ibadah haji.

{xtypo_info}FOTO: Pelepasan Jamaah Calon Haji Kota Mataram oleh Walikota Mataram{/xtypo_info}

Walikota  berharap agar JCH asal Kota Mataram bisa menjadi contoh dan membawa nama baik Kota Mataram, jangan sampai hanya karena masalah sepele jamaah melakukan demo dan sebagainya. “Sudah ada ketua kloter dan ketua regu. artinya jika ada masalah yang menyulitkan para jamaah silahkan sampaikan ke ketua rombongan masing-masing atau ke ketua kloter,” ingatnya lagi.

Selain berpesan kepada JCH, Walikota juga mengingatkan kepada para petugas     agar lebih pro aktif  berkomunikasi dan berinteraksi kepada semua jamaah. “Kami mengirim petugas agar dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya untuk melayani jamaah,” pintanya. Sementara untuk meningkatkan pelayanan kepada para jamaah, Pemkot Mataram setiap tahunnya terus melakukan evaluasi, agar ke depakan pelaksanaan haji dapat lebih baik. “Semoga kloter utuh yang dilepas saat ini, dapat kembali utuh dan mendapat haji yang mabrur,” harap Walikota.

{xtypo_info}FOTO: Para Jamaah Calon Haji Kota Mataram{/xtypo_info}

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram Drs. H. Badrun, M.Pd mengatakan   total JCH musim haji tahun 2011 sebanyak 701 diberangkatan dalam dua kloter yakni kloter 43 yang merupakan kloter utuh  sebanyak 445 dan 5 orang petugas,   dan kloter 77 atau kloter campuran sebanyak 256 dan 5 orang petugas yang akan diberangkatkan pada tanggal 27 Oktober mendatang. Dijelaskannya, 10 orang petugas yang dikirim itu rincian dua orang ketua kloter,  dua orang dokter, empat orang tenaga medis, dan dua orang pembimbing haji, pada masing-masing kloter.

Usai pelepasan oleh Walikota Mataram, jamaah langsung menuju Asrama Haji Antara di Jalan Lingkar Selatan, dan akan ke Bandara Internasional Lombok (BIL) sekitar pukul 17.00 WITA dan akan terbang ke Surabaya pada pukul 19.30 WITA kemudian langsung menuju ke Jeddah.  “Rencananya pak Wali (Walikota H. Ahyar Abduh-red) akan ikut mengantar JCH ke BIL,” ujarnya.

(Rilis Humas Pemkot Mataram: Nir / Foto Dedy)

Bagikan :