MATARAMnews – Sebuah pencapaian yang cukup membanggakan bagi Kota Mataram, bahwa penerimaan PBB Kota Mataram hingga tanggal 19 Oktober 2011 mencapai angka Rp 9 milyar lebih dibandingkan penerimaan PBB tahun 2010 yang hanya mencapai Rp 3,3 milyar.

 

{xtypo_info} FOTO : Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Mataram L Sofyan Arsyad SE{/xtypo_info}

Seperti dalam sambutan Walikota Mataram yang dibacakan oleh Staff Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan ESDM Drs. H. Husnan Ahmadi, M.Pd, bahwa selama pelaksanaan Gebyar PBB di halaman Pendopo Walikota Mataram saja telah tercatat penerimaan PBB Kota Mataram mencapai Rp 4,347 milyar lebih, dan bila di akumulasikan dengan penerimaan sebelum Gebyar PBB yang mencapai Rp 5,481 milyar lebih, maka penerimaan PBB Kota Mataram pada tahun 2011 ini mencapai Rp 9 Milyar lebih, atau 104,07 persen dari target penerimaan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Mataram L Sofyan Arsyad SE menjabarkan, Kecamatan Ampenan menjadi Kecamatan yang mencapai persentase penerimaan pajak tertinggi yang mencapai 111 persen lebih atau sekitar Rp1,361 Milyar dari target Rp 1,223 Milyar, kemudian menyusul kecamatan Cakranegara Rp 3,17 Milyar lebih dari target Rp 2,715 Milyar lebih, Kecamatan Selaparang mencapai Rp 1,638 Milyar lebih dari target Rp 1,419 Milyar mencapai persentase 109,76 persen  yang kemudian disusul oleh Kecamatan Mataram yang mencapai 98,49 persen, selanjutnya kecamatan Sandubaya mencapai 95,39 persen dan terakhir Kecamatan Sekarbela 87,71 persen.

Dari 20 Kelurahan se-Kota Mataram yang mencapai angka 100 persen penerimaan PBB, maka Kelurahan Ampenan Utara menduduki peringkat pertama dalam perolehan PBB tahun 2011 yang mencapai Rp 402 juta lebih atau 147 persen. Untuk lebih merangsang penerimaan PBB di Kota Mataram, maka Kecamatan dan Kelurahan yang mencapai presentasi penerimaan PBB di atas 100 persen akan diberikan reward berupa uang sesuai dengan pencapaiannya.

“Dan untuk Kelurahan yang belum mencapai 100 persen, maka Dispenda Kota Mataram bekerja sama dengan Kecamatan dan Kelurahan akan menagih dengan sistem door to door,” ungkap L. Sofyan.

Pada akhir acara, dilakukan penarikan undian Gebyar PBB yang hadiah utamanya berupa Umroh oleh H. Husnan. Untuk Kecamatan Ampenan diraih oleh Nurmin dari Pejeruk, kemudian Kecamatan Sekarbela oleh Anis Nur Utami, SH dari Kelurahan Kekalik Jaya, Kecamatan Selaparang diraih Madin dari Monjok, sedangkan dari Kecamatan Mataram adalah Heriyanto dari Mataram Timur, Kecamatan Cakranegara Ni Luh Urtini dari Cakra Selatan, dan terakhir dari Kecamatan Sandubaya oleh Ni Luh P.A dari Selagalas.

(Riis Humas Pemot Mataram : Pun)